Minggu, 5 Mei 2024

Selamatkan Pohon Asem Tua, Bocah Wringinanom Surati Pakde Karwo

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Sofi Azilan Aini pelajar SMPN 1 Wringinanom menunjukkan pohon asem tua yang telah ditebang demi pelebaran jalan.

Sofi Azilan Aini pelajar SMPN 1 Wringinanom bergegas masuk ke ruang penerimaan surat dan arsip Kantor Gubernur Jawa Timur, Jumat (15/4/2015). Tak ada raut takut apalagi bingung ketika dirinya sempat dicegat beberapa petugas Satpol PP yang berjaga di depan kantor Gubernur yang berada di Jl. Pahlawan Surabaya itu.

“Saya ingin mengantarkan surat penting ke Pak Gubernur,” kata Sofi sambil memperlihatkan dua lembar surat yang dia bawa.

Sayangnya, siang itu, Sofi tak bisa bertemu langsung dengan Soekarwo Gubernur Jawa Timur. Surat yang ditujuan pada Pakde Karwo, julukan Soekarwo, ini-pun hanya bisa dia titipkan di Sub Bagian Pengurusan Surat Pemerintah Jawa Timur.

Ditemui suarasurabaya.net, Sofi berucap, suratnya kali ini berisi keluh kesahnya sebagai anak Wringinanom yang mengetahui puluhan pohon tua di sepanjang jalan ditebang hanya untuk kepentingan pelebaran jalan.

Padahal, pohon-pohon yang mayoritas berjenis Asem itu, merupakan pohon tua berusia puluhan tahun dengan diameter 80 cm hingga satu meter.

“Dari dulu, saya sebenarnya sudah terganggu dengan banyaknya kendaraan berat lalu lalang yang menimbulkan polusi,” kata Sofi.

Kini polusi itu kemungkinan akan diperparah karena sejak dua pekan yang lalu atau sejak awal mei 2015, pemerintah Jawa Timur melakukan perbaikan jalan dengan menebang pohon-pohon tua yang ada di kawasan itu.

“Kini pohon tua di sepanjang Wringinanom hanya tinggal 24 pohon, saya mohon pada pak Gubernur untuk melindungi 24 pohon terakhir yang tersisa ini,” ujarnya.

Menurut pengamatan Sofi, 24 pohon Asem tua yang tersisa berdiri di sepanjang jalan khususnya di depan PT Platinum Ceramic, serta di Depan SMPN 1 Wringinanom tempat Sofi bersekolah. Selain itu juga masih ada lagi beberapa pohon tua yang tersisa di depan PT Arwana.

“Saya mohon, Pak Gubernur bisa membiarkan pohon-pohon ini hidup dengan tidak ditebang. Kalau bisa, Pak Gubernur harus menambah lagi jumlah pohon yang ada di Raya Wringinanom,” kata dia.

Dengan banyak pohon, Sofi berharap gas buang CO2 bisa terserap dan menggantinya dengan O2 yang sangat membantu warga Wringinanom mendapatkan udara yang sehat dan mampu mendinginkan udara di kawasan itu. (fik/tok)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs