Selasa, 14 Mei 2024

Selandia Baru Gelar Referendum untuk Tentukan Bendera Baru

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Lima rancangan yang jadi unggulan dipilih dalam referendum di Selandia Baru. Foto: AP

Selandia Baru menggelar referendum untuk memilih bendera nasional baru yang akan menggantikan bendera mereka selama ini, Jumat (20/11/2015).

Dalam waktu satu bulan ke depan, warga bisa mengirimkan pilihan mereka melalui pos untuk memilih satu dari lima rancangan yang diunggulkan.

Mengutip BBC, pemungutan suara kedua akan dilakukan tahun 2016 untuk memastikan apakah mereka ingin menggantikan bendera yang dipakai sekarang.

Bendera Selandia Baru sekarang menampilkan potongan bendera nasional Inggris atau Union Jack dan rasi bintang selatan.

John Key Perdana Menteri mengatakan bendera itu tidak mewakili Selandia Baru modern saat ini dan menambahkan mirip dengan bendera Australia.

Terlalu mirip

Namun Key mengakui bahwa hasil jajak pendapat sejauh ini menyatakan kebanyakan warga Selandia Baru ingin bendera lama dipertahankan.

Panitia pertimbangan perubahan bendera yang dibentuk pemerintah meminta warga Selandia Baru untuk mengirim usulan rancangan mereka.

Sebanyak 10.292 usulan diterima, dan tidak seluruhnya serius, seperti misalnya usulan membuat bendera bergambar burung kiwi yang mengeluarkan sinar laser dari matanya.

Empat rancangan jadi unggulan September lalu, tapi dikritik lantaran dianggap terlalu mirip satu sama lain dan tidak kreatif.

Tiga diantaranya menampilkan rancangan daun pakis, dan satu lagi lengkungan “koru” yang merupakan simbol etnis asli Selandia Baru, Maori.

Sesudah lobi di media sosial, pemerintah akhirnya memasukkan satu rancangan lagi -disebut Puncak Merah- sebagai unggulan kelima.

Bendera akan dibuat dan dipasang di tiang agar warga biasa melihat seperti apa bendera tersebut “dalam situasi sesungguhnya”.(bbc/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
25o
Kurs