Minggu, 2 Juni 2024

Tembakan 17 Meriam Awali HUT di Grahadi

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Paduan suara dari SMA se Jawa Timur mengiringi peringatan HUT RI di Grahadi. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Dentuman 17 meriam dari Batalyon Armed 1/105 Kodam V/Brawijaya awali upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Senin (17/8/2015).

Dentuman meriam yang dipimpin Letnan Satu Armed Bayu Sandi, Komandan Baterai Tempur A, kali ini juga diiringi sirine yang dibunyikan Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota Surabaya.

Upacara sendiri sedikitnya diikuti lebih dari tiga ribu peserta diantaranya seribu paduan suara dari gabungan SMA se Jawa Timur, seribu prajurit TNI/Polri serta dari veteran, Koorpri, Pelajar dan Mahasiswa.

“Upacara kali ini mengambil tema “Gerakan Ayo Kerja” sebuah ajakan bersama untuk meningkatkan daya saing serta
kesejahteraan masyarakat,” kata Soekarwo, Inspektur Upacara.

Soekarwo yang juga Gubernur Jawa Timur ini mengatakan, gerakan ayo kerja bukan sekadar kerja biasa, melainkan kerja dengan penuh keinsyafan akan kekuatan dari persatuan Indonesia dan selalu mengedepankan pola hidup bergotong royong.

Sementara itu, dalam upacara kali ini, bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Letnan Kolonel Inf Achmad Fikri Musmar yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Kodim 0830/Surabaya Utara. Sedangkan Perwira Upacara adalah Mayor Inf Siswanto yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Protokol Kogartap III/Surabaya.

Untuk pasukan pengibar bendera, dikomandani Letnan Satu CPM Budi Priyanto dengan pembawa baki (duplikat bendera pusaka) adalah Lubna Dhiyaul Irbah Carino, yang merupakan pelajar SMAN 3 Nganjuk.

Sedangkan untuk petugas pengibar bendera yakni Rachmad Yudha Laksono (SMAN 2 Jombang), Stella Wulan Pratama (SMAN 3 Sidoarjo), Muhammad Afudin Budi Pranata (SMAN 1 Sooko Mojokerto). (fik/dwi)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 2 Juni 2024
30o
Kurs