Kamis, 2 Mei 2024

Tiba di Tanah Air, Jokowi akan Pimpin Langsung Atasi Kabut Asap

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Joko Widodo Presiden bersama ibu negara saat tiba di Amerika Serikat. Foto: Facebook Presiden Joko Widodo

Joko Widodo Presiden beserta ibu negara Iriana Jokowi, hari ini Kamis (29/10/2015) pukul 08.00 WIB akan tiba di Tanah Air.

Presiden beserta rombongan menggunakan pesawat kepresiden RI-1 langsung menuju Palembang. Ini setelah transit selama dua jam di Bandara Internasional Abu Dhabi, untuk mengisi bahan bakar, setelah melakukan penerbangan dari Bandar Udara Andrews Airforce Base Maryland Amerika Serikat. Presiden Jokowi mempercepat kunjungan di AS, setelah menerima laporan kebakaran hutan dan kabut asap di Sumatra Selatan dan Kalimantan Timur semakin meluas, sulit ditaklukkan.

Presiden ingin melihat langsung operasi pemadaman, karena itu presiden akan berkantor sampai beberapa hari di Palembang.

Hari pertama, Kamis siang, presiden dan rombongan terbatas menggunakan helikopter milik TNI-AU akan meninjau beberapa lokasi titik api dan posko pelayanan kesehatan.

Kunjungan presiden ke wilayah yang terkena kabut asap untuk memastikan langkah-langkah pemadaman kebakaran lahan dan hutan serta penanganan korban dampak kabut asap, terutama pelayanan kesehatan, berjalan dengan baik.

Siti Zuhro peneliti senior dan pengamat politik senior LIPI, mengatakan, kunjunan presiden ke AS yang tidak utuh, mendapat penilaian yang beragam.

Ada yang mengatakan keputusan memperpendek jadwal kunjungan di AS dapat memperbaiki pamor Jokowi yang mulai merosot di mata rakyat.

Tapi ada yang menganggap hanya basa basi untuk pencitraan. Kebakaran hutan dan kabut asap sudah berlangsung dua bulan,

“Baru presiden jempolan kalau kunjungan ke AS ditunda,” kata pengamat LIPI.

Selain di Kalteng dan Sumatra, kebakaran hutan juga terjadi di Jawa Timur dan Papua. Musibah ini telah menelan korban 21 orang meninggal dunia dan ribuan menderita gangguan saluran pernapasan.(jos/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs