Jumat, 17 Mei 2024

Tunggu Hasil UKG, 30 Ribu Guru Surabaya akan Dapat Peningkatan Kompetensi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ikhsan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Foto: Denza Perdana/Dok. suarasurabaya.net

Dinas Pendidikan Kota Surabaya sampai saat ini masih menunggu hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Bila hasil ini telah keluar, sebanyak hampir 30.000 di Surabaya akan ikuti pelatihan peningkatan kompetensi sesuai hasil evaluasi dan rekomendasi yang ada.

Ikhsan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengatakan, hasil UKG ini akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Sampai saat ini kami masih menunggu. Semoga hasilnya keluar secepatnya,” katanya kepada suarasurabaya.net, Selasa (24/11/2015).

Menurutnya, hasil UKG ini akan menjadi bahan komparasi untuk pelaksanaan Pemetaan dan Peningkatan Kompetensi Guru surabaya (P2KGS) yang sudah direncanakan sejak lama.

“Kita berharap guru-guru ini sudah mempersiapkan diri sebelum menjalani UKG, sehingga hasilnya memang sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya. Tapi setidaknya, kami punya program P2KGS itu,” ujarnya.

Hasil UKG yang sudah diterima oleh Dindik Kota Surabaya hasil UKG akan menjadi bagian dari pemetaan guru dalam P2KGS. Di dalam program pemetaan guru ini juga sudah ada beberapa tahapan analisa. Antara lain, guru akan menilai dirinya sendiri (introspeksi) apakah dia mampu mengajarkan materi yang akan diajarkan.

Kedua, guru akan mengerjakan soal-soal tersebut berdasarkan kemampuannya. Terakhir, analisa juga didasarkan dari hasil ajar pada anak didik guru tersebut, bagaimana hasil ulangan harian siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan oleh guru bersangkutan.

“Dari tiga analisa ini, nanti akan dikeluarkan rekomendasi. Misalnya, seorang guru matematika ini baik dalam mata pelajaran statistik, tapi kurang dalam geometri. Maka dia akan mendapatkan pelatihan geometri,” kata Ikhsan. (den/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs