Minggu, 28 April 2024

UN 2016 akan Diselenggarakan Tiga Kali

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2015 tingkat SMA dan SMK sederajat di Surabaya. Selasa (14/4/2015). Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) sebanyak tiga kali pada 2016, yakni pada 22 Februari, 4 April dan Juni hingga September.

“UN untuk tanggal 22 Februari untuk peserta UN 2015 yang belum memenuhi standar kompetensi lulus pada satuan mata pelajaran dan berkeinginan mengulang,” ujar Totok Supriyanto, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Selanjutnya, pada 4 April diselenggarakan UN utama yakni UN bagi peserta SMA/SMK yang akan lulus pada 2016. Kemudian UN perbaikan dilakukan pada Juni-September 2016. UN perbaikan ditujukan bagi peserta yang tidak memenuhi standar kompetensi lulus pada satuan mata pelajaran.

Dia menambahkan pendaftaran UN akan dilakukan secara daring oleh kepala dinas pendidikan di seluruh Tanah Air.

“Pelaksanaannya akan akan berbasis cetak dan berbasis komputer,” jelas dia, seperti dilansir Antara

Adapun kisi-kisi soal UN adalah irisan dari kurikulum KTSP 2006 dan kurikulum 2013.

Kisi-kisi yang dikeluarkan Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) bersifat makro, sesuai dengan ketuntasan kurikulum.”

Pelaksanaan UN 2016 sama dengan UN 2015 yakni tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Sementara, ujian perbaikan juga tidak wajib, jadi pesertanya bisa sedikit.

“Oleh karena itu pelaksanaannya bukan oleh masing-masing sekolah, tapi rayon,” kata dia.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs