Rabu, 22 Mei 2024

Umat Buddha Sembahyang Menjelang Detik-detik Waisak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Umat Buddha di Surabaya bersembahyang jelang Waisak. Foto: Totok suarasurabaya.net

Menjelang detik-detik Waisak pada Selasa (2/6/2015) pukul 23.00 wib, umat Buddha di Kota Surabaya, menggelar persembahyangan di Vihara Budhayana Surabaya.

“Umat memanjatkan doa untuk kebahagiaan sang Guru Buddha. Sekarang ini memang kami terus dalam doa dan memanjatkan puja bagi segenap umat serta untuk sang Buddha,” ujar Romo Abaya.

Duduk bersila dengan mengatupkan tangan didepan dada, umat bersama-sama memanjatkan puja dan kumandangnya siang itu terdengar dari luar vihara dikawasan Jl. Putat Gede, Surabaya tersebut.

Anak-anak, remaja dan umat lainnya, sejak pagi telah mempersiapkan diri untuk mengikuti persembahyangan dalam rangka perayaan Waisak 2559 BE.

“Pagi ini anak-anak dan remaja memang kami libatkan dan harapkan bisa hadir dalam persembahyangan ini. Kalau nanti malam bertepatan dengan menjelang detik-detik Waisak, biasanya umat lebih banyak yang hadir,” tambah Romo Abaya saat ditemui suarasurabaya.net, Selasa (2/6/2015).

Sementara itu, ditambahkan Hendra Gunawan humas Perayaan Waisak 2015 Jawa Timur, seluruh umat Buddha dipastikan mendatangi vihara-vihara pada hari ini menjelang pukul 23.00 wib.

“Karena detik-detik Waisak tahun ini menjelang pukul 23.00 wib. Seluruh umat Buddha pastinya pada detik-detik itu akan datang memanjatkan doa untuk sang Guru Buddha,” tukas Hendra Gunawan.(tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
27o
Kurs