Kamis, 25 April 2024

Waoow, Keris Khusus Untuk Surabaya Sedang Digarap

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Keris khusus untuk Surabaya dengan beragam atribut sejarah kota terus digarap. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Keris untuk Kota Surabaya dengan berbagai ciri khas serta ornamen yang mencirikan keberadaan serta sejarah Surabaya sedang dalam pengerjaan oleh puluhan seniman Keris yang tergabung dalam Komunitas Keris.

“Ini adalah bentuk kecintaan dan keinginan kami untuk memberikan tetenger lain bagi keberadaan Surabaya dengan berbagai sejarah dan perjalanannya hingga hari ini. Keris memang menjadi satu diantara bagian dari perjalanan sejarah,” tegas MM Hidayat Ketua Komunitas Keris.

Keris yang sedang dalam proses pembabaran ini, kata Hidayat, tidak saja dilengkapi dengan aksesoris atau ornamen khas Surabaya, tetapi juga akan diberi penanda khas yaitu Sura dan Buaya.

Dua lambang Surabaya yang selalu ada pada setiap bagian simbol kota ini, sengaja dipilih karena dalam konteks sejarah yang dikenal masyarakat merupakan cikal bakal munculnya nama Surabaya.

“Sura dan Buaya adalah ikon yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah keberadaan Surabaya. Oleh karena itu dalam Keris yang sedang kami kerjakan juga akan muncul ikon itu,” tukas Hidayat.

Proses pembabaran Keris untuk Surabaya itu nantinya setelah selesai dikerjakan akan diberikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sebagai satu diantara simbol kota.

Dijadwalkan sebelum berakhirnya pameran The Magical Keris yang digelar di Graha Wismilak sejak Rabu (19/8/2015) kemarin, Keris khusus yang digarap komunitas Mega Remeng Sumenep, Madura, akan rampung digarap.

“Semoga tidak ada kendala atau gangguan-gangguan berarti sehingga kami semua dapat membabarkan Keris untuk Surabaya ini sebelum pameran berakhir,” pungkas Hidayat pada suarasurabaya.net, Kamis (20/8/2015). (tok/dop/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs