Kamis, 2 Mei 2024

Waspadai Gelombang Tinggi Laut Jawa Dua Hari ke Depan

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
ilustrasi

Gelombang tinggi di perairan Laut Jawa diprediksi akan terjadi dalam dua hari ke depan. Diprediksi ketinggian gelombang antara 3-5 meter.

Data prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Perak menyebutkan, ketinggian gelombang laut di perairan Laut Jawa mengalami puncak sejak Sabtu-Selasa (11-14/7/2015), dengan tinggi gelombang mencapai lima meter dan disertai angin kencang mencapai 55 km/jam.

Eko Prasetyo Staf Informasi dan Data BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya mengatakan, cuaca buruk seperti gelombang laut disertai angin kencang akhir-akhir ini disebabkan adanya penurunan tekanan angin di selatan Jawa. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau jasa penyeberangan dan masyarakat untuk tetap waspada.

“Kami mengimbau pada angkutan Lebaran yang sarat akan penumpang maupun barang untuk menyesuaikan diri dan tidak memaksakan diri,” kata Eko saat dihubungi suarasurabaya.net, Minggu (12/7/2015).

Dia menambahkan, cuaca buruk di sekitar perairan Laut Jawa sangat berpengaruh terhadap aktivitas arus pelayaran. Mengingat, sebagian besar transportasi laut dari Pelabuhan Tanjung Perak ke pulau-pulau di luar Jawa melewati perairan tersebut.

Dengan ketinggian gelombang 3-5 meter, BMKG Maritim Perak mengimbau nakhoda kapal, baik kapal nelayan, tongkang, tugboat, ro-ro dan feri untuk mewaspadai hal tersebut. (wak/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs