Senin, 17 Juni 2024

7000 personel Polisi Amankan May Day di Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Brigjen Pol Gatot Subroto Wakapolda Jatim ditemani Kombes Pol Iman Sumantri Kapolrestabes Surabaya saat cek pasukan persiapan pengamanan May Day 2016 di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (29/4/2016). Foto: Humas

Sebanyak 7.000 personel jajaran Polda Jatim dilibatkan dalam pengamanan peringatan Hari Buruh Internasional May Day 1 Mei 2016. Dari Polrestabes Surabaya sendiri disiapkan sekitar 2.500 Personel Gabungan dari TNI, Polri, dan Pemerintah Kota Surabaya.

Brigjen Pol Gatot Subroto Wakapolda Jatim usai memimpin apel gelar pasukan mengatakan, sesuai Undang-undang No.9 tahun 1998 tentang hak setiap warga negara menyampaikan pendapat di muka umum, maka sudah menjadi tugas Pokok Kepolisian untuk menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan unjuk rasa agar tidak merugikan pihak manapun.

“Bagi anggota agar meningkatkan fungsi Deteksi Dini untuk memonitor setiap perkembangan situasi di lapangan, berikan tindakan tegas kepada massa aksi yang bertindak anarkis. Tapi, tetap mempedomani Standar Operasiaonal Prosedur (SOP) yang sudah ditentukan,” kata Gatot, Jumat (29/4/2016).

Gatot juga mengimbau agar sebelum pelaksanaan tugas, agar diberikan arahan yang jelas sehingga para stakeholder mengetahui tugas dan tanggungjawabnya saat memimpin pengamanan di lapangan.(bid/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
29o
Kurs