Kamis, 23 Mei 2024

Abadikan Fenomena Halo Pagi Ini Dalam Jepretan Kamera

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Fenomena Halo yang terlihat di kawasan Driyorejo. Foto: Rizki Amalia via e100

Fenomena Halo atau Optis pada Kamis (28/1/2016) pagi ini banyak terpantau dan diabadikan dalam jepretan kamera oleh netter e100 di beberapa lokasi di Jatim.

Fenomena Halo terpantau di antaranya di Gempol Kurung dan Bypas Krian, Driyorejo Gresik, Waru, dan Malang.

Bambang Setiajid Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda saat dihubungi suarasurabaya.net membenarkan terjadinya fenomena Halo atau fenomena Optis pagi ini.

Bambang menjelaskan, fenomena Halo ini berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan, dan kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan.

Ada berbagai macam Halo, tapi umumnya Halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan Cirrus yang dingin yang berada 5-10 km atau 3-6 mil di lapisan atas troposfer.

Fenomena ini bergantung pada bentuk dan arah kristal es, cahaya matahari direfleksikan dan dibiaskan oleh permukaan es yang berbentuk batang atau prisma sehingga sinar matahari menjadi terpecah kedalam beberapa warna karena efek dispersi udara dan dipantulkan ke arah tertentu, sama seperti pada pelangi.

Halo juga kadang-kadang dapat muncul di dekat permukaan bumi, ketika ada kristal es yang disebut debu berlian. Kejadian ini dapat terjadi pada cuaca yang sangat dingin, ketika kristal es terbentuk di dekat permukaan dan memantulkan cahaya.

“Jadi munculnya fenomena Halo ini karena adanya angin yang berhembus tenang, awan Cirrus yang memantulkan cahaya dan uap air yang cukup,” kata dia.

Sementara itu, prakiraan cuaca untuk kota Surabaya pada Kamis (28/1/2016) sore atau malam ini berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang.

“Tapi potensi hujan ini juga berpotensi terjadi merata di seluruh daerah di Jawa Timur,” ujar Bambang Setiajid. (dwi/ipg)

Teks Foto:
– Fenomena Halo terlihat di sekitar Gempol Kurung, Pasuruan, Kamis (28/1/2016) pagi.
Pengirim: Eko Yanuar via e100

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Kamis, 23 Mei 2024
30o
Kurs