Minggu, 19 Mei 2024

Aktivitas Meningkat, Pemerintah Tetap Buka Bromo

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Gunung Bromo. Foto: Antara

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur tetap membuka kawasan wisata Gunung Bromo meskipun terjadi peningkatan aktivitas vulkanik.

Jariyanto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Selasa (12/4/2016) mengatakan, Bromo saat ini tetap menjadi jujukan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. “Silakan saja datang ke Bromo, tapi tetap harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan PVMBG,” kata jariyango.

Sekadar diketahui, dalam sepekan ini, gunung setinggi 2.329 meter di atas permukaan laut ini memang mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Suara dentuman dan lava pijar terpantau keluar dari mulut gunung.

Menurut Jariyanto, saat ini kawasan Bromo tetap dibuka kecuali radius 1 kilometer dari bibir kawah. Para pengunjung juga harus berhati-hati serta selalu mengikuti petunjuk yang dikeluarkan pos pantau Bromo. “Saat ini jumlah wisatawan memang menurun, tapi tetap saja yang datang ke Bromo banyak,” ujarnya.

Meski menurun, namun jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bromo ternyata mengalami peningkatan. Mereka rata-rata adalah para peneliti yang ingin mengabadikan peristiwa letusan gunung terindah di Indonesia itu.

Jariyanto mengatakan, saat ini Bromo sudah dimasukkan dalam 10 destinasi terbaik di Indonesia. Bahkan letusan di Bromo ternyata juga menjadi salah satu keindahan tersendiri. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
26o
Kurs