Minggu, 27 September 2020

Anies Minta Sekolah Deteksi Murid yang Menyimpang

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Anies Bawedan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan meminta sekolah-sekolah mendeteksi sejak dini penyimpangan pada murid.

“Yang terpenting adalah komunikasi yang intensif antara pihak sekolah dengan orang tua murid. Begitu ada potensi penyimpangan, dapat segera diatasi,” katanya dalam pelantikan Pengurus Besar Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (PB KB-PII) di Jakarta, Minggu (17/1/2016) seperti dilansir Antara.

Anies menyebut empat penyimpangan yang biasanya terjadi di sekolah yaitu narkoba, kekerasan, pornografi dan pikiran-pikiran menyimpang.

“Tetapi yang sering terjadi adalah didiamkan dan dianggap tidak penting. Ketika sudah menjadi masalah, baru kita semua gedhandapan (kewalahan),” ujarnya.

Nasrullah Larada Ketua Umum Pengurus Keluarga Besar PII mengatakan akan mengandalkan pendidikan untuk mengurangi bahaya radikalisme.

“Itulah yang sedang kami munculkan bagaimana pendidikan bisa mengurangi radikalisme yang memang tidak berbasis nilai-nilai rahmatan lil alamin,” kata Nasrullah.

Dia mengatakan, pola pendidikan juga harus mengutamakan nalar sebagai dasar pembentukan sikap, perilaku dan karakter untuk mencegah penyebaran paham radikalisme. (ant/dwi)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Bintang Rahmadani

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Minggu, 27 September 2020
30o
Kurs