Kamis, 28 Maret 2024

Bayi Tabung Kembar Empat Lahir Sehat

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Bayi kembar empat melalui program bayi tabung dari pasangan suami isteri Kristian Yofri (36) dan Monique Livia SP (35), yang lahir secara sehat di RS Siloam, Surabaya, dapat segera pulang.

Menurut dokter Hendro Pramono SpOG yang menangani bayi kembar itu, dalam keterangan tertulis yang dilansir Antara, Rabu (23/11/2016), kelahiran yang unik ini bermula dari program bayi tabung yang dijalani pasangan ini, saat tim dokter dari di Klinik Ferina menanam tiga benih dalam rahim Monique.

“Namun dalam perjalanan kehamilan di bulan ketiga, didapati satu benih membelah menjadi dua sehingga akhirnya terdapat empat janin dalam kandungan sang ibu,” ujarnya.

Setelah mengandung keempat janin selama tiga puluh enam minggu, ujar dia, orangtua mempercayakan tim medis RS Siloam, Surabaya, untuk menangani proses persalinan yang berisiko tinggi itu. Kelahiran keempat bayi ini terjadi pada 08.00 WIB Jumat lalu (11/11/2016).

Tim dokter selain terdiri dari Pramono, juga ada dr Agus Harianto SpA (K), dan dokter anastesi dari RS Siloam, Surabaya.

Selama proses operasi persalinan, sang ayah, Kristian ikut menemani istrinya dalam proses melahirkan.

Tak lama kemudian bayi pertama berhasil dilahirkan, berjenis kelamin perempuan dengan berat 1.440 gram dan diberi nama Marianne Grace Phan. Bayi itu langsung mendapatkan penanganan pertama dari dr Agus Harianto SpA (K) dan tim.

Bayi kedua juga berjenis kelamin perempuan lahir dengan berat 1.600 gram dan diberi nama Merivienne Grace Phan. Menyusul selanjutnya, bayi ketiga berjenis kelamin laki-laki lahir dengan berat 2.200 gram dan diberi nama Kennard Xavier Phan.

Dan yang terakhir, bayi keempat berjenis kelamin perempuan lahir dengan berat 1.100 gram dan diberi nama Merilynne Grace Phan.

Keempat bayi tersebut kemudian dibawa ke ruang NICU (Neonatal Invasive Care Unit) RS Siloam, Surabaya, yang telah siap dengan semua peralatan dan tenaga medis untuk memantau kondisi bayi-bayi ini.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs