Jumat, 29 Maret 2024

Bekas Narapidana Kini Menjadi Instruktur Pembuat Roti

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medaeng menuangkan keahlian mereka membuat roti. Foto: Dwi/Dok. suarasurabaya.net

Zainal Abidin tersenyum bangga karena ketekunannya mengikuti pelatihan dan pembinaan, ia kini berpendapatan Rp6,7 juta per bulan.

“Gaji saya Rp6,7 juta sekarang. Saya menjadi instruktur untuk pembuat roti di Holland Bakery. Saya melatih karyawan di hampir seluruh outlet,” kata bekas penghuni Lembaga Permasyarakatan Jakarta ini saat mengikuti pembukaan Pameran Produk Unggulan Narapidana di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Saat berada di lapas, ia diajak petugas untuk mengikuti program pembinaan membuat roti bersama beberapa narapidana lainnya.

Lewat program ini, bekas terpidana yang divonis empat tahun penjara itu belajar membuat berbagai macam roti, dari roti kering sampai kue ulang tahun, sekaligus belajar menghias jenis kue.

Setelah menghirup udara bebas, Zainal bekerja di Amsterdam Bakery, kemudian pindah ke BreadTalk, hingga akhirnya berlabuh di Holland Bakery.

Zainal menerangkan bekas rekan-rekannya dahulu di penjara ternyata memiliki kreativitas yang tinggi dan berkeinginan untuk hidup lebih baik.

“Makanya saya bilang sama teman-teman yang masih di dalam (Lapas) untuk terus berlatih, jadi nanti bisa bekerja seperti saya,” kata Zainal, seperti dilansir Antara.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs