Senin, 29 April 2024

Beragam Agenda Peringatan Hari Jadi Kota Surabaya ke-723

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Parade Budaya dan Pawai Bunga dalam Rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya ke-722 pada 2015 lalu. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Banyak kegiatan di Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-723. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah menyiapkan beragam festival dan lomba selama berlangsungnya rangkaian kegiatan tersebut.

Muhamad Fikser Kepala Bagian Humas Kota Surabaya mengatakan, rangkaian peringatan HJKS dimulai dengan Surabaya Shoping Festival (SSF), Minggu (1/5/2016) yang akan dibuka di Spazio pukul 19.00 WIB. “SSF ini akan berlangsung selama sebulan penuh,” katanya.

Selain itu, Festival Kuliner dan berbagai macam lomba serta pawai bunga tetap digelar di tahun ini untuk merayakan HJKS ke-723. “Setelah pembukaan di Spazio pada hari minggu, Selasa (3/5/2016) Bu wali kota akan kembali membuka festival kuliner Pasar Malam Tjap Tunjungan di Foodfest Pakuwon City,” ujar Fikser.

Selain kedua acara di atas, Surabaya Great Expo yang menjadi sarana promosi produk terbaru UMKM Kota Surabaya kepada masyarakat akan digelar pada 18 Mei mendatang. Sementara parade budaya dan pawai bunga sebagai rangkaian kemeriahan HKJS akan digelar Minggu (22/5/2016).

Seperti tahun sebelumnya, Parade Budaya dan Pawai Bunga ini akan dimulai dari Tugu Pahlawan kemudian berakhir di halaman Taman Surya.

“Itu masih sebagian, belum lomba-lomba yang akan kami gelar. Ada drag bike motor lawas tanggal 7-8 Mei, Jambore Sepeda kuno di Tambaksari pada 21-22 Mei. Dan yang paling ditunggu, Lomba Dayung Perahu Naga di Kalimas, yang memperebutkan Piala Walikota pada 21-22 Mei,” ujarnya.

Fikser mengatakan, perahu naga yang mengikuti lomba ini dihias dengan berbagai lampu yang berwarna-warni. Perahu-perahu tersebut akan menyusuri Kalimas pada malam hari. “Ini akan menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Kota Surabaya,” katanya.

Masyarakat Surabaya juga dapat mengikuti Grand Final pemilihan Cak dan Ning sebagai duta wisata kota Surabaya. Helatan ini berlangsung di Taman Jayengrono pada 27 Mei.

Selain itu, Festival Rujak Uleg di sepanjang Jalan Kembang Jepun pada 29 Mei 2016 akan diikuti oleh seluruh pegawai Pemkot Surabaya, serta Stakeholder yang turut berperan membangun Kota Pahlawan.

“Kita juga ada Festival Surabaya Urban Culture (SUCF), kan. Tahun ini temanya 90-an. Tempatnya sama, di sepanjang Jalan Tunjungan,” kata Fikser. Helatan SUCF akan digelar Minggu (29/5/2016) mendatang.(den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs