Minggu, 19 Mei 2024

Beredar Info, Menteri Yuddy Minta Kemlu Fasilitasi Koleganya ke Australia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sebuah surat yang diduga dari KemenPAN RB untuk Kementerian Luar Negeri RI. Foto: Istimewa

Beredar di media sosial sebuah surat yang diduga dari KemenPAN RB untuk Kementerian Luar Negeri RI yang intinya Yuddy Chrisnadi MenPAN RB minta Kemlu memfasilitasi Wahyu Dewanto koleganya yang akan pergi ke Australia.

Surat itu bernomor B/1331/S.PANRB/03/2016, tertanggal 22 Maret 2016. Dalam surat yang ditandatangani Dwi Wahyu Atmaji Sekretaris KemenPAN RB itu ditujukkan kepada Sekjen Kementerian Luar Negeri RI. Isinya, Wahyu Dewanto kolega Yuddy Chrisnadi antara tanggal 24 Maret sampai 2 April akan berkunjung ke Sydney dan Goldcoast Australia.

Wahyu berkunjung ke Australia bersama istri dan anak-anaknya yang secara rinci disebutkan nama-namanya dalam surat itu. Dalam surat itu Kemlu diminta bisa menyediakan fasilitas akomodasi dan transportasi selama di Australia.

Sementara saat dikonfirmasi wartawan, Wahyu Dewanto mengaku sedang check up di rumah sakit, dan akan memberikan konfirmasi hari Senin (4/4/2016).

“Saya sedang di rumah sakit. Sedang check up. Senin ya (konfirmasinya).” ujar Wahyu.

Sementara Yuddy Chrisnadi MenPAN RB membantah kalau pihaknya mengeluarkan surat permintaan fasilitas tersebut. Dia mengakui kalau Wahyu Dewanto adalah koleganya yang menjadi anggota DPRD DKI dari partai Hanura. Yuddy menegaskan akan menyelidiki beredarnya surat ini.

“Menpan tidak pernah tahu adanya surat tersebut. Dan tidak pernah memerintahkan pemberian bantuan fasilitas seperti disebutkan Surat tersebut. Saya sedang menginvestigasi atas informasi atau arahan siapa surat itu dibuat. Wahyu Dewanto adalah Anggota DPRD DKI fraksi Hanura, benar kolega/teman saya, namun tidak Serta merta dapat fasilitas jabatan seperti yang disebutkan surat tersebut untuk urusan pribadi.” ujar Yuddy lewat pesan singkatnya.(faz/dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
33o
Kurs