Kamis, 30 Mei 2024

Besok Usia Provinsi Jatim Genap 71 Tahun

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Sejumlah pekerja membersihkan sisi belakang Gedung Negara Grahadi, Selasa (11/10/2016). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menggelar upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) berdirinya provinsi ini yang ke 71 tahun pada Rabu (12/10/2016) pagi.

“Kita sudah siapkan, Grahadi juga sudah kita benahi termasuk kita cat dan sedikit dilakukan renovasi,” kata Hisbul Wathon, Kepala Biro Administrasi Umum, ketika berbincang dengan suarasurabaya.net, Selasa (11/10/2016).

Menurut dia, dalam rangka HUT ke 71 ini, pagar depan Grahadi yang sempat diubah dan hanya memiliki ketinggian satu meter, saat ini dikembalikan seperti pagar zaman dahulu dengan ketinggian 1,5 meter dan dilengkapi dengan simbol Suryo Majapahit.

Selain itu, pohon jenis palm di pelataran Grahadi juga diubah menjadi tanaman khas lokal yaitu pohon siwalan. Beberapa bagian tembok juga dicat putih serta warna kuning keemasan.

Hisbul mengatakan, untuk rangkaian upacara HUT ke 71 juga masih sama seperti tahun-tahun biasanya dimana usai upacara akan dilakukan pemberian penghargaan bagi warga berprestasi.

Untuk upacara bertindak sebagai inspektur adalah gubernur, dan komandan upacara adalah I Made Sukarta, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM.

“Jumlah undangan ada 3.000 orang, juga ada perwakilan negara-negara sahabat, juga seluruh bupati/walikota se Jawa Timur nanti akan hadir,” kata Hisbul.

Selain upacara, pada Selasa (11/10/2016) malam nanti juga akan digelar syukuran dan ditandai dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng di Grahadi.

Sekadar diketahui, berdasarkan Pasal 18 Undang-undang Dasar 1945 pada tanggal 19 Agustus 1945 oleh PPKI dibentuklah Provinsi dan penentuan para Gubernurnya. Untuk Pertama kalinya, R.M.T. Soeryo yang kala itu menjabat Residen Bojonegoro ditunjuk sebagai Gubernur Jawa Timur yang pertama.

R.M.T Soeryo yang dilantik tanggal 5 September 1945, sampai tanggal 11 Oktober 1945 harus menyelesaikan tugas-tugasnya di Bojonegoro, dan baru pada 12 Oktober 1945 boyong ke Surabaya, Ibukota Provinsi Jawa Timur yang menandai mulai berputarnya mekanisme Pemerintahan Provinsi Jawa Timur.

Atas dasar pertimbangan perjalanan sejarah inilah, maka diterbitkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2007 tentang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang menetapkan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Jadi Provinsi Jawa Timur.(fik/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
32o
Kurs