Selasa, 30 April 2024

Biji Alpukat Lebih Kaya Manfaatnya Dibanding Buahnya

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Alpukat. Foto: manfaatbagus.com

Ketika mengonsumsi alpukat, kebanyakan orang hanya mengosumsi daging buahnya. Alpukat dibelah menjadi dua bagian, bagian bijinya diambil dan dibuang, lalu daging buahnya dikeruk sampai hanya tersisa kulitnya saja.

Tapi, ternyata, cara konsumsi alpukat seperti itu dinilai salah. Dilansir dari The Daily Meal dan CNN, menurut One Green Planet, biji alpukat justru memiliki manfaat yang lebih besar jika dikonsumsi. Bijinya mengandung 70 persen kandungan antioksidan dalam sebuah alpukat secara keseluruhan. Termasuk kandungan polifenol yang sama seperti pada teh hijau.

Biji alpukat ternyata mengandung lebih banyak serat larut dibandingkan dengan sumber serat lainnya. Biji alpukat juga mengandung antioksidan yang membantu mengatur fungsi usus dan telah terbukti dapat mencegah pertumbuhan tumor.

Selain itu, kandungan minyak yang terdapat di dalamnya juga bisa meningkatkan jumlah kolagen pada kulit. Sehingga bisa membuat kulit tampak lebih muda dan bebas kerut. Sekaligus membuat rambut terlihat lebih bercahaya.

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi biji alpukat, caranya cukup mudah. Belah alpukat seperti biasa, lalu ambil bijinya dan masukkan ke food processor, grinder atau blender untuk membuatnya lebih halus seperti bubuk.

Bubuk biji alpukat rasanya pahit. Jika ingin mengonsumsinya sebaiknya ditambahkan dengan makanan atau minuman yang memiliki rasa yang lebih kuat untuk menyamarkan rasa pahitnya.

Anda bisa menambahkannya dalam smoothie atau jus kesukaan Anda. Cukup gunakan setengah bagian biji alpukat saja, dan setengahnya lagi bisa disimpan untuk digunakan lain waktu.(cnn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs