Jumat, 26 April 2024

Calon Komisioner KPID Jatim Mulai Jalani Tes Tulis

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Calon komisioner KPID Jawa Timur jalani tes tulis di Kampus C Unair Surabaya, Selasa (23/8/2016). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Sebanyak 77 calon Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur mulai jalani tes tulis sebagai bagian dari syarat mereka agar terpilih. Tes tulis kali ini digelar di salah satu ruangan di Kampus C Universitas Airlangga Surabaya.

“Total pendaftar seleksi komisioner KPID sebenarnya ada 138 orang. Setelah dilakukan seleksi administrasi yang lolos sebanyak 79 orang, kemudian yang mundur ada dua orang sehingga yang ikut tes tulis hari ini ada 77 orang,” kata Suko Widodo, Ketua Tim Seleksi KPID Jawa Timur, di sela-sela mengawasi peserta tes tulis, Selasa (23/8/2016).

Menurut Suko Widodo, hasil dari tes tulis ini akan dipilih 30 orang untuk dilakukan uji publik serta psikotes. Hasil uji publik dan spikotes akan memilih 21 terbaik yang nantinya akan diserahkan ke Komisi A DPRD Jawa Timur untuk dipilih sebagai anggota KPID Jawa Timur.

Uji publik sendiri akan dilakukan dengan menjaring aspirasi dan masukan dari beragam tokoh maupun NGO terkait sepak terjang dari yang bersangkutan.

“Nanti DPRD akan memilih tujuh orang komisioner, ditambah tujuh orang lainnya sebagai cadangan. Targetnya pada September mendatang sudah terbentuk dan telah diumumkan,” kata Suko Widodo.

Sementara itu, di sela-sela seleksi, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur juga menyempatkan diri untuk melihat langsung proses seleksi tulis kali ini.

“Semoga semua peserta tes lancar mengerjakannya dan meraih hasil terbaik,” kaga Gus Ipul di hadapan peserta saat meninjau lokasi tes.

Gus Ipul optimis melalui proses seleksi ketat dan ditangani pihak yang ahli dan profesional di bidangnya, membuat seleksi kali ini akan menghasilkan komisioner yang berkualitas. (fik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs