Selasa, 14 Mei 2024

Cerita Dradjad Saat Presiden Panggil Bang Yos Terkait Pergantian KaBIN

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Dradjad Hari Wibowo Ketua Dewan Informasi Strategis dan Kebijakan Badan Intelijen Negara (BIN) mengatakan, Sutiyoso Kepala BIN (KaBIN) sempat dipanggil Joko Widodo Presiden soal rencana pergantian KaBIN.

Saat itu, presiden didampingi Pratikno Menteri Sekretaris Negara, memberitahukan kalau Komjen Polisi Budi Gunawan akan menjadi KaBIN.

“Beberapa hari lalu menjelang waktu Ashar, Bang Yos dipanggil presiden. Saya tidak berwenang menyebut kapan harinya. Dalam kesempatan itu presiden yang didampingi Mensesneg memberi tahu Bang Yos, kalau beliau akan menunjuk Mas Budi sebagai calon KaBIN menggantikan Bang Yos,” ujar Dradjad kepada suarasurabaya.net, Jumat (2/9/2016).

Beberapa hari sebelum bertemu dengan presiden, kata dia, sudah ada tanda-tanda Sutiyoso akan diganti, sehingga tidak kaget kalau akhirnya informasi tersebut memang benar.

“Selama beberapa hari sebelumnya, Bang Yos, keluarganya dan teman-teman terdekatnya seperti saya sudah mendapat “kisi-kisi” kalau pada hari tersebut, presiden akan memberitahu hal ini langsung kepada bang Yos. Jadi sudah sangat memahami,” kata dia.

Menurut Dradjad, saat bertemu dengan presiden, Sutiyoso mengaku sebagai prajurit siap melaksanakan perintah apapun dari presiden. Bahkan Sutiyoso juga sempat melaporkan hal penting yang sempat ditugaskan oleh presiden.

“Kepada presiden, Bang Yos menyampaikan, sebagai prajurit dia siap melaksanakan apapun perintah Presiden. Jadi kalau diganti setiap saat juga siap. Bahkan setelah diberi tahu penggantian tersebut, Bang Yos masih melaporkan hasil dari salah satu tugas sangat penting dari Presiden,” kata Dradjad.

Menurut dia, dalam pertemuan tersebut suasana sangat rileks. Bahkan Sutiyoso beberapa kali melontarkan guyonan yang membuat ketiganya itu tertawa lepas.

“Jadi semuanya lepas-lepas saja. Tidak ada kekakuan yang umumnya muncul dalam situasi seperti ini,” ujar dia.

Dradjad menegaskan, sekarang Sutiyoso juga masih di China, membantu presiden dalam pertemuan G20.(faz/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs