Jumat, 17 Mei 2024

Cuaca Buruk, PT KAI Daop 8 Surabaya Siagakan Pemantau Bencana

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perawatan rutin perlintasan rel kereta api PT KAI Daop 8 Surabaya. Foto: Dok./Totok suarasurabaya.net

Mengantisipasi terjadinya kendala pada perjalanan kereta api dan perlintasan rel kereta api dikawasan rawan bencana akibat cuaca buruk belakangan ini, PT KAI Daop 8 Surabaya menyiapkan petugas pemantau.

“Kalau terjadi kendala, longsor, banjir atau kendala lainnya, para petugas akan segera melaporkan ke pusat untuk kemudian diambil tindakan sesegera mungkin. Agar perjalanan kereta api tidak terkendala. Demikian juga dengan perlintasan kereta api agar aman,” kata Gatot Sutiyatmoko Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.

Beberapa kawasan yang sudah dipetakan karena kerap mengalami kendala saat terjadinya hujan deras dan terus menerus diantaranya kawasn Kandangan, Tandes. Di kawasan itu kerap terjadi banjir saat hujan deras terjadi.

Demikian juga dengan perlintasan kereta api dikawasan dekat luberan lumpur Lapindo, Porong Sidoarjo, secara khusus dilakukan pemantauan karen akerap banjir dan air banjir menutupi rel kereta api, sehingga menjadi kendala perjalanan kereta api.

“Kawasan Kandangan memang sering banjir kalau hujan deras. Ini juga disiagakan dengan menempatkan alat material untuk siaga (amus). Perlintasan dekat Lapindo, Porong juga kami pantau. Kawasan itu sering banjir dan menutup perlintasan rel kereta api, ini juga kami pantau,” kata Gatut.

Jelang libur Natal dan Tahun Baru mendatang, kata Gatut, pihaknya juga telah melakukan persiapan-persiapan. Mulai dari pemberian harga khusus atau diskon untuk tiket sampai dengan kereta tambahan sudah dipersiapkan.

“Oleh karena itu, kami menghimbau sekali lagi kepada masyarakat yang akan berlibur menggunakan transportasi kereta api, sebaiknya mulai merencanakan perjalanannya. Jangan sampai kehabisan tiket perjalanan,”kata Gatut Sutiyatmoko, Rabu (7/12/2016).(tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs