Sabtu, 27 April 2024

Demam Berdarah Meningkat, Stok Darah Trombosit di PMI Surabaya Menipis

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi.

Stok darah trombosit di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Surabaya terus menipis. Sebab, permintaan darah trombosit untuk pasien penderita demam berdarah terus meningkat.

Agung Tri Jutanto Humas PMI Surabaya mengatakan, bahwa permintaan darah trombosit akhir-akhir ini tidak hanya dari rumah sakit dari Surabaya. Melainkan juga beberapa rumah sakit di luar Surabaya seperti Mojokerto, Jombang dan Lamongan.

“Permintaan darah trombosit meningkat karena banyaknya penderita demam berdarah. Sekarang ini rata-rata 150 permintaan kantong darah per hari. Padahal bisanya permintaan itu cuma 50 kantong per hari,” ujarnya, Rabu (3/2/2016).

Permintaan stok darah trombosit beberapa hari terakhir mencapai 150 kantong per hari. Sementara ketersediaan hingga hari ini, hanya tersisa 209 kantong darah trombosit.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap dengan menipisnya stok darah trombosit, bisa diimbangi kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

“Jadi untuk memenuhi kebutuhan permintaan, kita juga terpaksa jemput bola dengan menggelar kegiatan donor darah di pusat-pusat perbelanjaan,” katanya.(bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs