Kamis, 25 April 2024

Dukung SDGs, ITS dan Ikatan Surveyor Indonesia Gelar Seminar

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Prof Stig Enemark, President Federation Internationale des Geometres jadi pembicara di ITS Surabaya. Foto: Humas ITS Surabaya

Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) dan program pemerintah yang menargetkan 100 persen tanah di Indonesia sudah tersertifikat pada tahun 2025, Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) bekerja sama dengan Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya gelar seminar di Gedung Robotika ITS, Selasa (15/11/2016).

Seminar bertajuk Implementasi Fit for Purpose Land Administration di Indonesia ini menghadirkan Prof Stig Enemark, President Federation Internationale des Geometres yang juga penemu Fit for Purpose Land Administration.

Seminar yang sebelumnya sudah diawali dengan workshop ini digelar karena disadari bahwa tren administrasi tanah harus dimulai di Indonesia, baik dari pemetaan tanah hingga pendaftaran tanah tersebut.

“Tahun 2017, tiga kota besar di Indonesia yaitu Surabaya, Batam dan Jakarta harus sudah mulai melakukan administrasi pertanahan. Ditargetkan tanah di tiga kota tersebut sudah tersertifikat lengkap pada 2017 mendatang,” terang Dwi Budi Martono ST MT, ketua panitia seminar.

Target ketiga kota tersebut, lanjut Dwi Budi Martono, untuk mendukung target pemerintah lima juta sertifikat tanah di Indonesia tahun 2017 mendatang.

Prof Ir Joni Hermana MScEs PhD, Rektor ITS mengatakan bahwa ITS mendukung penuh program tersebut yang juga mendukung program Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam merealisasikan SDGs.

“Negara yang beradab adalah negara yang ikut mendukung proses SDGs ini. Sangat penting fungsinya,” ujar Guru Besar Teknik Lingkungan tersebut.

Seminar yang membahas tentang perlunya dibuat peta dasar untuk pengurusan serifikat tanah melalui fit for purpose ini membahas enam dari 17 tujuan yang tertuang dalam SDGs.

Diantaranya menekan tingkat kemiskinan, kelaparan, kesetaraan gender, kota berkelanjutan, dan hak atas keberlangungan hidup.

Menurut Joni, catatan sejarah membuktikan di Indonesia banyak pembangunan mangkrak akibat permasalahan administrasi lahan, pembebasan lahan dan pemetaan tanah. “Untuk menyelesaikan masalah tersebut, perlu adanya terobosam baru untuk administrasi tanah dengan baik,” ujarnya.

Joni berharap dengan adanya seminar Fit for Purpose (FFP) ini mampu menjadi terobosan baru untuk menghasilkan sertifikasi tanah yang cepat dan murah. “Khususnya untuk Jawa Timur. Harapannya Jatim bisa menjadi pelopor penerapan FFP,” kata Joni Hermana.

Peserta yang hadir dalam seminar tersebut didominasi para kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota kabupaten se-Indonesia. Selain itu juga ada beberapa perwakilan Bappeda, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang serta Badan Investasi dan Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs