Kamis, 25 April 2024

Gerhana Bulan Penumbra Akan Tutup Rangkaian Gerhana di Indonesia Tahun ini

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Ilustrasi

Rangkaian gerhana matahari yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada tahun ini, akan ditutup dengan Gerhana Bulan Penumbra (Sebelumnya tertulis Gerhana Matahari Penumbra) pada tanggal 16-17 September nanti.

Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra ini berlangsung pada Jumat (16/9/2016) tengah malam hingga mencapai puncaknya Sabtu (17/9/2016) dini hari.

“Diperkirakan akan terjadi pada Jumat (16/9/2016) pada 23.54 WIB dan puncaknya berada Sabtu (17/9/2016) pada 02.55 WIB,” ujar Dian Yuda Kepala Lapan Pasuruan kepada suarasurabaya.net.

Namun, kata dia, semua wilayah di Indonesia bisa melihat gerhana bulan ini kecuali di wilayah Papua. Menurutnya, jalur gerhana ini tidak melewati wilayah Indonesia di bagian Timur

“Tahun ini Indonesia mengalami 5 kali gerhana bulan dan matahari, penutupnya ya gerhana bulan ini,” kata Dian Yuda.

Gerhana bulan penumbra terjadi saat posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar. Pada saat itu cahaya matahari ke bulan terhalang bumi, tapi tidak sampai menyebabkan gerhana bulan total atau parsial. saat gerhana berlangsung cahaya bulan purnama akan meredup

Sebelumnya, pada Kamis (1/9/2016) petang tadi beberapa wilayah Indonesia mengalami gerhana matahari cincin. Termasuk beberapa wilayah Jatim bagian barat, namun hanya gerhana matahari sebagian saja. (tit)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs