Kamis, 13 Juni 2024

Han Jayanata akan Jadi Konsulat Kehormatan Prancis Pertama untuk Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Han Jayanata saat menghadiri pertemuan dengan Dubes Prancis di restoran The Consulat, Surabaya, Senin (30/5/2016). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Corrine Breuze Duta Besar Prancis untuk Indonesia menyatakan, sebentar lagi Prancis memiliki Konsulat Kehormatan (honorary consul) untuk Surabaya.

Dia menyatakan hal ini untuk pertama kalinya dalam pertemuan dengan alumni Institute Francais Indonesia (IFI), mitra kebudayaan, dan ekspatriat Prancis di restoran The Consulat Surabaya, Senin (30/5/2016).

Dubes Prancis telah memilih Han Jayanata General Manager PT Jayanata Kosmetika Prima untuk menjadi konsul kehormatan Prancis pertama di Surabaya.

“Han Jayanata merepresentasikan perusahaan (Jayanata Kosmetika,red) dengan banyak produk bermerek Prancis. Dia juga menyukai kultur kami dan sering berkunjung ke Prancis,” ujarnya kepada suarasurabaya.net.

Karena itu, kata Corrine, menurutnya Han Jayanata mampu mempromosikan Prancis, serta mendukung masyarakat Prancis yang ada di Surabaya.

Han Jayanata mengatakan, ada banyak peluang kerjasama yang bisa ditingkatkan antara Pemerintah Prancis dan Surabaya.

“Potensi itu banyak, ya. Dari segi pendidikan, perusahaan, pariwisata, seni, dan juga arsitektur. Tukar menukar pelajar di bidang-bidang itu juga masih bisa ditingkatkan,” katanya.

Saat ini, kata Han, sudah banyak pertukaran pelajar dan guru yang dilakukan antara Indonesia dengan Prancis. Dia ingin meningkatkan pertukaran dengan pelajar dan guru dari Surabaya, demi meningkatkan pendidikan di Surabaya.

Dalam bidang bisnis, Han telah mengawalinya dengan kerjasama dengan berbagai perusahaan kecantikan di Prancis. Jayanata juga telah berulangkali terlibat dalam fashion show di Prancis.

“Ini hanya gerbangnya, kerjasama bisnis ini bisa dikembangkan ke berbagai macam bidang. Kecantikan ini sebagai jembatan saja,” ujarnya.

Prancis akhirnya memutuskan untuk mendapuk seorang warga Surabaya menjadi konsulat kehormatan di Surabaya. Han menyatakan, karena dunia sudah berkembang pesat.

“Dalam hal bisnis, Surabaya perkembangannya juga sangat pesat. Karena ini mungkin Pemerintah Prancis akhirnya melirik,” katanya.

Han Jayanata kini tinggal menunggu pelantikan dirinya sebagai Konsulat Kehormatan Prancis di Surabaya. Namun, dia mengaku belum tahu kapan pelantikan akan dilaksanakan.

“Belum, sekarang saya masih menunggu kabar lagi. Nanti pasti ada kantornya, tapi sekarang kami juga belum tahu di mana lokasinya,” katanya.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 13 Juni 2024
32o
Kurs