Sabtu, 20 April 2024

Hari Pramuka Diperingati di Berbagai Daerah

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Kelompok marching band cilik dalam peringatan hari pramuka. Foto : istimewa

Peringatan hari pramuka ke 55 yang jatuh pada 14 Agustus dirayakan di berbagai daerah. Tak hanya tingkat kota, beberapa Kecamatan di Surabaya juga menggelar peringatan hari pramuka kali ini.

Salah satunya yang digelar di Kantor Kecamatan Gununganyar, Surabaya, Sabtu (13/8/2016) dan dihadiri oleh 200 pramuka dari berbagai sekolah yang ada di kecamatan itu. Meski sempat diguyur hujan, namun upacara yang digelar di halaman Kantor Kecamatan tersebut tetap berlangsung dengan lancar.

Suwignyo, Ketua Kwaran Pramuka Gununganyar mengatakan, pramuka adalah satu-satunya organisasi yang paling disiplin dan selalu berada di garda terdepan dalam membantu masyarakat. Saat terjadi bencana alam misalnya, maka pramuka akan berada di barisan terdepan.

Sementara itu, Mayor Inf Supriyo Triwahono, Komandan Koramil 05 Rungkut yang juga hadir dalam peringatan Hari Pramuka di Kecamatan Gununganyar mengatakan jika gerakan pramuka harus bisa dijadikan contoh bagaimana organisasi bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam kegiatan ini, selain upacara juga sempat digelar beberapa lomba diantaranya lomba semapur, sandi, morse, pengetahuan pramuka serta berbagai lomba lain yang memperebutkan 53 trofi.

Tak hanya di Gunungnanyar, peringatan serupa juga digelar di Lapangan Almaghfirah Rungkut dan diikuti oleh ratusan pramuka dari Kecamatan Rungkut. Sama dengan Gununganyar, Pramuka Rungkut juga menggelar berbagai lomba untuk memperingati hari pramuka kali ini. (fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs