Jumat, 3 Mei 2024

Ikan Bader Mabuk di Sungai Rolak Hingga Jagir

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Ikan bader.

Ribuan ikan bader tawes naik ke permukaan di aliran sungai berantas yang masuk Surabaya. Warga Surabaya mulai dari Dam Rolak Gunungsari hingga Jagir memanfaatkan fenomena ini untuk mengambil ikan yang munggut ini.

“Ikan mulai kelihatan pada pukul 09.00 WIB tadi. Saya sama teman saya kewalahan mencegah warga masuk di area pintu air untuk mengambil ikan mabuk ini,” ujar Bayu Satpam Pintu Air Rolak kepada suarasurabaya.net, Jumat (1/1/2016).

Kebetulan di hari libur tahun baru, para petugas pintu air di Rolak sedang libur, sehingga hanya ada dua satpam yang mengawasi warga yang berebut ikan bader ini. “Kami takut, kalau terjadi apa-apa, karena debit air lagi tinggi,” katanya.

Menurut Bayu, penyebab dari ikan mabuk ini karena datangnya air dari atas yang debitnya tinggi dan keruh. Sehingga, ikan jenis bader mudah mabuk.

“Kemungkinan debit air keruh. Karena yang naik ke permukaan jenis ikan bader tawes. Kalau penyebabnya limbah biasanya ikan rengkik juga ikut naik ke atas,” katanya.

Hingga pukul 13.00 WIB para warga di Rolak terus bertambah yang berebut ikan mabuk ini. Mayoritas ikan bader tawes yang masih kecil-kecil. Fenomena serupa juga terjadi di Pintu Air Jagir. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
31o
Kurs