Sabtu, 4 Mei 2024

InDePro Exhibition Pamerkan Karya Mahasiswa Produk Interior Modern

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pameran karya terbaik para mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

InDePro Exhibition (Interior Design Product) dipilih menjadi tajuk pameran karya mahasiswa program studi Desain Interior Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, dengan peminatan Desain Interior & Styling (dan Desain Produk Interior (DPI).

Pameran yang menampilkan karya mahasiswa semester 5 dan 7 tersebut dijadwalkan digelar mulai Jumat (25/11/2016) sampai Minggu (27/11/2016) di Rotunda Hall lantai 3 Ciputra World Surabaya.

”Sekitar 43 karya para mahasiswa semester 5 dan 7, terdiri dari 37 karya DPI III, ditambah 6 karya unggulan dari peminatan Desain Interior Produk V. Seluruhnya merupakan karya terbaik para mahasiswa,” kata Ir. Hedy C. Indrani, M.T., ketua Program Studi Desain Interior U.K. Petra.

Pameran kali ini, lanjut Hedy mewajibkan mahasiswa membahas perancangan produk interior dengan berbasis kajian industri manufaktur. Yang menarik, para mahasiswa, khususnya semester 5 wajib melakukan analisa pasar terlebih dahulu sebelum membuat karya mereka.

Produk interior yang mereka buat wajib memiliki nilai ekonomis yang tinggi terkait elemen pembentuk ruang (lantai, dinding, plafon), aksesoris ruang (tableware, cushion, artwork, clock, lighting) dan elemen pengisi ruang (set furniture) untuk ruang publik komersial.

Sedangkan mahasiswa semester 7 menciptakan perancangan yang menjadi solusi inovatif atas permasalahan yang ditemukan selama mengikuti magang.

“Variasi material yang digunakan pada pameran kali ini cukup variatif. Ada multipleks finishing cat dan laminasi, besi , rotan, serta kayu solid. Ini menarik, sekaligus kesmepatan bagi masyarakat mengapresiasi karya produk interior calon-calon desainer muda,” ujar Grace Mulyono, S.Sn., M.T., Dosen Desain Produk Interior 3.

Sementara itu, peminatan pada Desain Interior dan Styling (DIS) dijadwalkan menggelar pameran tersendiri di kampus UK Petra, mulai Senin (5/12/2016) sampai dengan 15 Desember 2016 mendatang dengan tema: Residential Space untuk rumah tinggal sederhana atau apartemen.

Untuk DIS 3 yang terdiri dari mahasiswa semester 5, para mahasiswa menghasilkan project commercial space berupa maket dengan skala 1:50, gambar-gambar dari proses awal programming, desain akhir, hingga design board dari visual merchandising.

Selain dinilai oleh pembimbing masing-masing, divalidasi dilakukan pemerhati desain. Mencakup terhadap Karya Desain Interior serta validasi terhadap Karya Styling Interiornya. Validasi tidak diberikan berupa nilai angka, namun berupa emotikon (ekspresi gembira, sedih dan menangis).(tok/ipg)

Teks foto:
– Satu di antara karya yang menjadi bagian dari desain interior.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs