Kamis, 28 Maret 2024

Ini Khasiat Buah Apel untuk Manusia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Buah Apel Hijau dari Malang dijadikan penelitian dan menghasilkan karya yang bermanfaat bagi manusia. Foto: Totok suarasurabaya.net

Memilih buah Apel Hijau Malang sebagai bahan dasar penelitan, 3 mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) berhasil menciptakan krim pelembab, ramuan anti kolesterol dan masker wajah.

Indonesia sebagai negara tropis menginspirasi Florentina Yola Febriani, membuat krim pelembab dari buah Apel Hijau Malang yang memberikan khasiat melembabkan kulit.

“Jangan dikira musim hujan lantas kulit akan lebih terlindungi. Sebenarnya cuaca yang berubah-ubah dan terpaksa mengurung diri di ruangan ber-AC terus menerus demi menghindari hujan juga tidak baik untuk kelembaban kulit,” ujar Florentina.

Kombinasi yang tepat antara bahan sintetis dan bahan alam akan menghasilkan efek yang bukan saja melembabkan tetapi juga berfungsi sebagai antioksidan.

Epikatekin, zat aktif yang ada di dalam buah Apel Malus Domestica adalah senyawa flavonoid yang mempunyai khasiat melembabkan dan kaya anti oksidan.

Menurut Florentina, krim pelembab temuannya ini memang masih bisa diujicoba secara lebih luas, jika ingin dimanfaatkan sebagai produk home industri.

Sedangkan Claudio Dassmer berbekal harapan untuk membantu mengurangi angka penderita penyakit yang ditimbulkan akibat kadar kolesterol yang tinggi, menciptakan obat anti kolesterol dengan bahan dasar Apel Hijau lokal yang jumlahnya melimpah di Indonesia.

“Secara penelitian, kandungan yang ada di dalam buah Apel mampu menurunkan kadar kolesterol secara segnifikan,” ujar Claudio yang dalam penelitiannya dibantu Farida Lanawati Darsono, S.Si., M.Sc. dan Sumi Wijaya, Ph.D., Apt. sebagai dosen pembimbing.

Keterbatasan membuat penelitian ini hanya sampai pada mengoptimasi formula tablet salut enterik ekstrak buah Apel. “Tetapi kami berharap hasil penelitian ini ada harapan besar agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat umum di masa depan,” kata Claudio yang juga dari Fakultas Farmasi.

Sementara itu, Cindy S. Dirham menciptakan masker wajah berbahan dasar buah Apel, berangkat dari keprihatinan terhadap polusi udara yang dapat berdampak pada penuaan dini.

Cindy menggunakan buah Apel Hijau Malang sebagai bahan dasar. Buah ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kulit, satu di antaranya memang berkhasiat mencegah penuaan dini.

“Setelah menggunakan masker, wajah akan terasa lebih segar dan kenyal, karena buah Apel Hijau mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan kulit lebih baik lagi dibanding hanya menggunakan perawatan wajah biasa,” kata Cindy.

Butuh waktu 2 bulan guna menciptakan masker wajah berbahan buah Apel Hijau ini. Masker Apel Hijau karya Cindy telah melewati uji mutu fisik dan efektifitas yang meliputi kekencangan, elastisitas, dan kemudahan dilepas dari kulit. Masker ini juga telah diuji ke 10 resipien dan terbukti tidak menimbulkan reaksi alergi.

“Harapan saya semoga masyarakat lebih memanfaatkan bahan-bahan alam disekitar kita dan masyarakat lebih mengetahui bahwa buah Apel itu baik untuk kulit, bisa membersihkan, melembabkan dan mengencangkan,” ujar Cindy pada suarasurabaya.net, Selasa (5/4/2016).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs