Jumat, 26 April 2024

Istiqlal Persilakan Jemaat Katedral Parkir di Halaman Masjid

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Umat Kristiani yang akan mengikuti Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta sudah mulai berdatangan, Sabtu (24/12/2016) sore. Foto: Farid suarasurabaya.net

Umat Kristiani sebentar lagi akan merayakan Natal. Seluruh gereja sudah mulai melakukan berbagai persiapan ibadah Misa Natal.

Di Gereja Katedral Jakarta, akan ada tiga kali Misa Natal hari ini yang dimulai pukul 17.00 WIB, kemudian dilanjut pukul 19.30 WIB, dan terakhir pukul 22.00 WIB.

Menurut keterangan Bernard Hidayat, Humas Panitia Natal Gereja Katedral 2016, gereja ini bisa menampung sekitar 5 ribu umat.

Supaya tidak terjadi kemacetan lalu lintas karena banyaknya kendaraan, pihak Masjid Istiqlal memberikan lahan parkirnya untuk digunakan Umat Kristiani yang akan beribadah.

“Untuk mengantisipasi kemacetan, kami sudah mengimbau umat supaya memarkir di halaman SMA Santa Ursula, Kantor Pos Besar Pasar Baru, Yon Bekang AD, dan area parkir Masjid Istiqlal yang jaraknya berdekatan,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Sabtu (24/12/2016), di Jakarta.

Pengelola Masjid Istiqlal, lanjut Bernard, setiap tahun selalu mempersilakan lahan parkirnya yang berada persis di seberang Katedral, digunakan.

Boleh dikata, ini merupakan salah satu bentuk kecil toleransi antarumat beragama, di Indonesia.

Hal itu juga dibenarkan Muhammad Hakiki, petugas parkir di Masjid Istiqlal. Dia bilang, setiap tahun para jemaat Gereja Katedral biasa memarkir di Istiqlal.

“Memang begini setiap tahun, dan pengelola Istiqlal juga mengizinkan,” ucapnya.

Hakiki yang sudah hampir enam tahun bertugas di salah satu masjid terbesar di Indonesia ini menambahkan, lahan parkir yang ada bisa menampung lebih dari seribu mobil, dan sekitar 300 motor. (rid/iss/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs