Senin, 6 Mei 2024

Jelang Lebaran, Rel Kereta Mulai Diperbaiki

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi.

PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Sub divre III.2 Tanjungkarang Provinsi Lampung tengah melakukan perbaikan perlintasan, jelang mudik Lebaran 2016.

“Kami sedang melakukan perbaikan di sejumlah tempat yang dinilai rawan longsor tepatnya berada di kilometer 211, yang berada di perbatasan Baturaja, Sumsel,” kata Humas PT. KAI Subdivre III.2 Tanjungkarang Provinsi Lampung, Muhaimin, di Bandarlampung, Jumat.

Perbaikan ini diungkapkannya, telah dilakukan sejak seminggu lalu dan diprediksi pada H-15 menjelang Idul Fitri 1437 Hijriah telah rampung.

Pihaknya pun melakukan pengecekan terhadap jalur, jika ada besi yang kendor atau mudah goyang sehingga berdampak buruk terhadap kereta.

“Kami saat ini tengah fokus melakukan perbaikan rel kereta agar para penumpang merasa nyaman saat naik kereta api,” kata dia.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya pun telah menyiapkan gerbong tambahan di kelas bisnis, eksekutif dan ekonomi.

“Gerbong yang beroperasi saat ini ada tujuh, kami saat ini telah menyiapkan tiga gerbong tambahan jika ada lonjakan penumpang,” kata dia.

Dia mengatakan, untuk harga tiket menggunakan sistem tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB), yang mengatur itu langsung dari pusat dengan sistem online. Jadi harga setiap harinya tidak sama dan sudah jadi ketetapan pusat, untuk tiket menjelang lebaran naik.

“Sejak tanggal 25 Maret sudah bisa dipesan melalui sistem online dan stasiun tidak bisa melayani pembelian secara langsung,” katanya.

Bagi penumpang yang akan mudik dijelaskannya, disarankan untuk memesan pada saat ini karena dikhawatirkan akan habis.

“Jika masih ada sisa tiket kita bisa melayani pembelian, namun jika tidak ada maka tidak menjual,” katanya. (ant/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs