Jumat, 17 Mei 2024

KBS Siapkan Solusi Bagi Satwa Over Populasi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Komodo satu diantara satwa yang saat ini mengalami over populasi. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Satwa yang mengalami over populasi di Kebun Binatang Surabaya (KBS) akan dicarikan solusi pada seminar Strategi Pengelolaan KBS di Gedung Sawunggaling Pemerintah Kota Surabaya pada Senin (9/5/2016) mendatang.

“Komodo dan Burung Pelikan memang over populasi. Sebagai kebun binatang, memang dibutuhkan satwa yang muda dan tua untuk bahan pembelajaran. Tetapi saat ini kondisi dua satwa itu berlebih jumlahnya,” kata Aschta Boestani Tajudin Pjs Direktur Utama PDTS KBS.

Jumlah satwa yang sampai mengalami over populasi itu, lanjut Ratna, meningkatkan kebutuhan dana untuk konsumsi satwa. Hal ini menjadi persoalan tersendiri yang harus segera ditemukan solusinya.

Aschta menjelaskan, hal yang harus dipertimbangkan adalah prinsip-prinsip kesejahteraan satwa. Karena akan menjadi sia-sia jika solusi over populasi ditemukan tetapi tidak memperhatikan kesejahteraan satwa.

“Bagaimanapun, jika solusi untuk satwa over populasi sudah dapat ditentukan maka kesejahteraan satwa juga harus dipertimbangkan,” ujar Ratna pada suarasurabaya.net, Kamis (5/5/2016).

Selain membahas tentang satwa over populasi di KBS, pada seminar Senin (9/5/2016) itu juga akan disampaikan langkah-langkah yang akan diambil oleh manajemen KBS untuk perkembangan dan kemajuan KBS dimasa depan.

Dijadwalkan hadir sebagai pembicara pada seminar ini diantaranya Dr. Ir. Tharir Fathoni, Msc (Direktur Jenderal dan Konservasi Sumber Daya Alam), Ir. Bambang Dahono MS (Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati), dan Dr..drh. Ligaya Tumbelaka, SpMP,.MSc. (Institut Pertanian Bogor).(tok/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
26o
Kurs