Jumat, 17 Mei 2024

KPU Surabaya Nomor Dua Terbaik dalam Mengelola Uang Negara

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kantor KPU Kota Surabaya. Foto : Taufik/Dok. suarasurabaya.net

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya I memberikan penghargaan kepada KPU Kota Surabaya atas kinerjanya mengelola keuangan dari APBN secara efektif dan efisien.

Melalui surat S-1987/WPB.16/KP.031/2016, KPPN Surabaya I memberikan apresiasi kepada 10 besar satuan kerja dengan kinerja terbaik pada periode semester pertama 2016. KPU mendapat peringkat kedua terbaik dalam sebagaimana disebutkan dalam surat tersebut.

Ada 11 indikator penilaian kinerja yang dilaksanakan sejak 30 Juni 2016 lalu. Beberapa diantaranya, penyerapan anggaran, pengelolaan uang persediaan, kesalahan Surat Perintah Membayar (SPM), dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bendahara.

Sunarno Aristono Sekretaris KPU Kota Surabaya mengatakan, penyerapan anggaran KPU Kota Surabaya sampai dengan semester pertama 2016 sudah melebihi target, mencapai 54,38 persen.

“Pengelolaan anggaran berbanding lurus dengan jalannya kegiatan. Artinya, meskipun kami sedang berada dalam post election period, kinerja kami tetap bagus,” ujarnya.

Aristono mengaku tidak menyangka instansi yang dia nahkodai mendapat penghargaan tersebut. Ada 125 Satker di wilayah KPPN Surabaya I termasuk KPU Kota Surabaya.

“Dan kami menduduki peringkat kedua. Bahkan, peringkat KPU Surabaya berada di atas KPPN Surabaya I. Ini sangat membanggakan,” katanya.

Aristono menyebut, prestasi ini tidak lepas dari kinerja dan performa tinggi staf KPU Kota Surabaya, khususnya di bidang keuangan.

Aristono berharap agar prestasi ini tidak hanya dipertahankan tetapi juga ditingkatkan. Yakni dengan meningkatkan pengelolaan keuangan yang efektif, efisien, dan menjunjung tinggi integritas.

“Selisih nilai kami dengan satuan kerja yang menduduki peringkat pertama hanya 0,03 poin. Bukan hal yang mustahil untuk meraih peringkat pertama, bila kinerja kami meningkat,” ujarnya.(den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
29o
Kurs