Minggu, 5 Mei 2024

KSAU Akan Hentikan Sementara Pengoperasian Pesawat Tucano yang Lain

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi

Marsekal TNI Agus Supriyatna Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) mengatakan akan menghentikan dulu pengoperasian pesawat tempur Super Tucano yang lain. Sebab, akan ada evaluasi menyeluruh terkait ini.

“Semuanya ini karena masih butuh evaluasi, maka kita stop dulu penerbangan. Kalau masalah utamanya nanti tahu sehingga berikutnya pada saat tes flight kita bisa waspada,” katanya dalam konferensi pers di Lanud Abdurahman Saleh Malang, Rabu (10/2/2016).

Menurut Agus, selama ini pengecekan pesawat sudah dilakukan rutin sesuai prosedur. “Bahkan setiap 50 jam kita cek sistem mulai sistem oil, hidrolik dan lainnya. Setiap 100 jam kita cek lagi. Kemudian 50 jam sebelum terbang dicek lagi,” katanya.

Agus Mengatakan, Mayor Mayor (Pnb) Ivy Safatillah merupakan pilot yang sudah berpengalaman. Bahkan, dia sudah pernah belajar langsung di pabrikan tempat super tucano dibuat yaitu di Brazil.

TNI AU memang memesan 16 unit pesawat Super Tucano ini sejak 2010 tapi baru datang pada tahun 2012 lalu. “Jadi pesawat ini sebelum-sebelumnya tidak ada masalah,” katanya.(bid/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs