Jumat, 24 Mei 2024

Kali Jagir Masih Aman, Ketinggian Air Jauh di Bawah Bibir Tanggul

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Pintu air yang ada di Jagir Wonokromo dibuka untuk mengurangi potensi banjir di barat Surabaya beberapa waktu lalu. Foto : dok/Taufik suarasurabaya.net

Perum Jasa Tirta memastikan kondisi Kali Surabaya hingga petang ini masih cukup aman. Bahkan debit air di sekitar Pintu Air Gunungsari pada, Kamis (25/2/2016) petang hanya terpantau 170 meterkubik perdetik.

“Untuk antisipasi limpahan air dari hulu, elevasi pintu air di Jagir saat ini juga sudah kami diturunkan dari 3,2 meter diatas permukaan laut, saat ini menjadi 3,1 meter di atas permukaan laut,” kata Didik Ardianto, Kepala Subdevisi Jasa Asa II Perum Jasa Tirta.

Meski pintu air sudah diturunkan, namun ketinggian air di sepanjang Kali Jagir yang memanjang hingga Wonorejo hingga petang ini juga masih cukup aman karena berada di titik 1,6 meter diatas permukaan laut. Dengan kondisi ini, titik teratas air di Kali Jagir masih berjarak sekitar 1 meter dari bibir tanggul.

Didik juga mengatakan, hujan yang turun sepanjang petang ini tak selebat yang terjadi pada petang kemarin. “Hasil pantauan di pos Kedurus, kemarin intensitas hujan terpantau hingga 119 milimeter, namun untuk hari ini curah hujan hanya terpantau 12 milimeter,” ujarnya. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
28o
Kurs