Jumat, 17 Mei 2024

Kebakaran Besar di California, Tol Dekat Pantai Big Sur Ditutup

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan

Kebakaran besar yang kembali terjadi di wilayah California, Amerika Serikat, Senin (8/8) waktu setempat atau Selasa (9/8/2016) waktu Indonesia, dilaporkan telah menewaskan seorang warga serta menghanguskan sekitar 24 ribu hektar di sepanjang Pantai California.

Imbasnya, pihak berwenang terpaksa menutup sebagian Jalan Tol 1, yang terkenal dengan pemandangan indahnya dekat Carmel by The Sea.

Seperti dilansir Antara, penutupan jalan tol yang membentang sepanjang garis pantai itu dipicu peningkatan kobaran api dan angin di wilayah Big Sur, kata Departemen Perhutanan dan Perlindungan Kebakaran California.

Jalur itu diperkirakan bakal ditutup bagi kedua arah sejak 12.00 WIB hingga pukul 08.00 esok hari, tergantung pada keadaannya, kata departemen tersebut.

Kobaran api yang disebut Api Soberanes, telah menghancurkan 57 rumah dan 11 bangunan lain serta membara sejak 22 Juli. Seorang operator buldoser tewas pada 26 Juli akibat traktornya terguling saat berupaya membantu pemilik bangunan menangani api itu. Dia menjadi korban keenam dalam kebakaran liar California pada tahun ini.

Pihak berwenang berhasil melacak sumber kebakaran itu berasal dari sebuah api unggun ilegal yang tidak diawasi di sebuah taman nasional, sekitar satu mil dari Jalan Tol 1. Tapi, belum ada yang ditangkap sejauh ini.

Hingga Senin (8/8/2016), lebih dari 5.000 orang pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api dengan cara membuat sebuah garis batas sekitar 45 persen dari batas kebakaran itu.

Pihak pemadam kebakaran mengklaim ada kemajuan dalam upaya memadamkan api saat musim kebakaran liar di bagian barat Amerika Serikat itu mencapai puncaknya akibat kemarau berkepanjangan dan suhu yang sangat panas di wilayah tersebut.

Kebakaran yang terjadi dekat Big Sur itu menjadi salah satu dari 35 kebakaran liar besar yang telah menghanguskan lebih dari 200.000 hektar di 12 negara bagian, sebagian besar di negara bagian barat, berdasarkan data Pusat Kebakaran Antarlembaga Nasional di Boise, Idaho.

Kobaran pada hari Minggu (7/8/2016) di San Bernardino, sebelah timur Los Angeles, menghanguskan sekitar 1.800 hektar kayu kering serta rerumputan dalam kurun waktu 24 jam, dan baru dapat dipadamkan lima persen, kata dinas tersebut.

Api yang dijuluki Api Pilot itu memang belum sampai menghancurkan rumah. Namun, penduduk di yang tinggal sekitar 25 rumah di sepanjang dua jalan tol besar diberi perintah untuk mengungsi. (ant/rid/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
31o
Kurs