Jumat, 17 Mei 2024

Kejati Mengeluarkan Sprindik Baru, Jika La Nyalla Menang Praperadilan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Maruli Hutagalung Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Foto : Bruriy/Dok. suarasurabaya.net.

Maruli Hutagalung, Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim menyatakan akan mengeluarkan Surat Perintah Penyidikan (sprindik) baru jika La Nyalla Mattalitti memenangkan praperadilan.

“Undang-undang tidak bisa melarang (sprindik baru, red). Kita tidak akan mundur dalam menangani kasus ini. Saya akan membuktikannya,” katanya kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (30/3/2016).

Maruli juga berharap Ferdinandus, hakim tunggal yang akan mengadili praperadilan La Nyalla dapat memutuskan dengan adil. “Saya berharap hakim praperadilan yang menangani kasus ini benar-benar objektif, adil, tidak memihak. Karena kalau tidak, bisa mencederai hati rakyat yang mencari keadilan,” ujarnya.

Maruli berpendapat, kalau sudah ada lebih dua alat bukti, seharusnya praperadilan yang diajukan La Nyalla ditolak.

“Apalagi saat ini yang bersangkutan tidak berada di Indonesia. Sebenarnya harus ditolak. Bagaimana mungkin seseorang mengajukan praperadilan sementara dia tidak berada di negaranya sendiri,” kata dia.

Dia melanjutkan, kapasitas penasehat hukum itu hanya mendampingi tersangka bukan mewakili La Nyalla untuk praperadilan.

“Kalau orang yang didampingi tidak ada, bagaimana praperadilan mau jalan. Harusnya di-stop sampai yang bersangkutan di Indonesia. Kalau seperti ini, sepertinya negara ini bisa dibeli,” kata dia.(iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
33o
Kurs