Selasa, 7 Mei 2024

Kenalkan Beragam Profesi, Field Trip ke Rumah Sakit

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Field trip siswa-siswi TK Petra 5 Surabaya mengenal berbagai profesi. Foto: Totok suarasurabaya.net

Memperkenalkan beragam profesi pekerjaan menjadi bagian kegiatan yang dilakukan siswa-siswi Taman Kanak-kanak (TK) Petra 5 Surabaya, Kamis (27/10/2016) di Rumah Sakit Katolik (RSK) St. Vincentius A Paulo, Surabaya.

Di sebuah rumah sakit, tidak hanya ada profesi dokter. Masih ada profesi lainnya yang ikut membantu kelancara tugas seorang dokter ketika harus menolong atau mengobati pasiennya di lingkungan rumah sakit.

Lebih dari 100 siswa-siswi TK Petra 5 mengenakan seragam yang sama, langsung dibagi dalam 3 kelompok besar masing-masing ditemani seorang guru, dan perwakilan dari RSK St. Vincentius A. Paulo.

Para siswa kemudian diperkenalkan dengan beberapa peralatan medis yang biasa dipakai para dokter dan petugas medis lainnya di rumah sakit. Seperti stetoskop, infus, alat ukur tensi darah, termasuk proses penggunaan stetoskop.

Di kelompok lain, para siswa diajak melihat dari dekat peralatan dan operasionalisasi peralatan laundry yang cukup besar, dan digunakan rumah sakit untuk mencuci dan menseterika berbagai perlengkapan di rumah sakit.

Tentu saja hal itu membuat anak-anak senang lantaran bisa melihat ukuran seterika atau alat cuci yang lebih besar daripada yang kerap mereka lihat dirumah masing-masing. Demikian juga ketika anak-anak diajak mengenali stetoskop satu persatu mereka mencoba alat periksa itu.

Rosa Lina staf humas RSK St. Vincentius A. Paulo kepada suarasurabaya.net, menyampaikan bahwa kunjungan field trip semacam ini memang bagian dari pendidikan untuk anak-anak disekolah masing-masing.

“Tentunya kami memang memfasilitasi. Kami akan sesuaikan jadwal agar field trip lebih menyenangkan dan anak-anak bisa melihat dari dekat aktivitas yang dilaksanakan dirumah sakit. Juga bagaimana dokter bekrja dan sebagainya,” terang Rosa Lina.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs