Senin, 20 Mei 2024

Kerja 12 Jam, Penyebab Kematian 461 Pekerja Nepal di Malaysia

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Serangan jantung saat tidur merupakan penyebab utama kematian 461 warga Nepal di Malaysia sepanjang tahun 2015, diduga akibat masa bekerja terlalu lama hingga 12 jam sehari di bawah terik panas matahari.

Dr Niranjan Man Singh Basnyat Duta Besar Nepal di Malaysia seperti dikutip media terbitan Kuala Lumpur, Senin, mengatakan 70 persen kematian pekerja Nepal di negara ini disebabkan serangan jantung, sedangkan 30 persen lagi akibat kecelakaan kerja, terlalu banyak minum arak, dan kasus-kasus bunuh diri karena masalah keuangan.

“Pekerja Nepal mungkin tidak menyadari bahwa mereka bisa menjadi lemas akibat terlalu lama bekerja di bawah panas terik matahari sehingga bisa menjadi penyebab mereka mati saat tidur,” katanya seperti dilansir Antara.

Niranjan mengatakan pekerja Nepal terpaksa bekerja keras mencari uang untuk dikirimkan ke keluarga mereka atau menyelesaikan utang di negara sendiri.

Selain itu, kecenderungan pekerja Nepal meminum terlalu banyak minuman beralkohol juga menjadi salah satu faktor penyebab.

Ia menambahkan, banyak warga Nepal yang datang bekerja di Malaysia harus membayar utang kepada agen atau bank, sementara sebagian lagi terpaksa menggadaikan tanah untuk memperoleh biaya perjalanan mereka.

“Sebagian dari mereka kecewa saat mengetahui bahwa mereka tidak mendapatkan uang yang cukup untuk membayar balik pinjaman dan mengambil jalan mudah dengan bunuh diri,” katanya.

Saat ini terdapat 800 ribu pekerja Nepal di Malaysia.(ant/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
27o
Kurs