Jumat, 26 April 2024

Kisah Inspiratif Atlet Jatim di Film 3 Srikandi

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Gus Ipul (kiri depan) bersama para pemeran 3 Srikandi usai Nobar di Marvell City Surabaya, Sabtu (6/8/2016). Foto : biro humas

Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur menilai film 3 Srikandi sangat menginspirasi karena menceritakan perjuangan tiga atlet perempuan dalam mengharumkan nama Indonesia di kancah Olimpiade.

“Ini sangat menginspiratif, sungguh luar biasa karena menggambarkan sebuah perjuangan untuk meraih prestasi. Di sini digambarkan bahwa untuk meraih prestasi tidak enteng, harus kerja keras. Ini yang harus dicontoh oleh kita semua,” kata Gus Ipul, usai nonton bareng film 3 Srikandi di CGV Blitz Marvell City Surabaya, Sabtu (6/8/2016).

Film arahan Sutradara Iman Brotoseno ini memang menceritakan perjalanan tiga Atlet perempuan dalam cabang panahan Indonesia yang berhasil mendapatkan medali perak pada Olimpiade Seoul tahun 1988. Ketiga atlet tersebut telah berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia di bidang Olahraga.

Menurut Gus Ipul, banyak hal yang bisa diambil dari film ini. “Kita hidup ini penuh inspirasi dan selalu dipacu oleh motivasi, dan ini semua ada di film 3 Srikandi,” kata dia.

Menurutnya, film ini sangat cocok dengan masyarakat Jawa Timur karena atlet Indonesia 30 persen berasal dari Jawa Timur. Tak hanya itu, Lilies Handayani, salah satu atlet yang diceritakan dalam film 3 Srikandi ini merupakan atlet asli Jatim.

“Saya ingin atlet Jatim terus berprestasi. Nah untuk berprestasi itu pasti ada motivasi, apa motivasinya? Ya itu termasuk mencintai diri sendiri, mencintai kemampuan kita, menghargai keluarga, kemudian menghargai dan mencintai tanah air. Dan itu yang membuat Bu Lilies dan teman-temannya dapat medali. Ini merupakan kombinasi yang sangat baik,” kata dia.

Gus Ipul menambahkan, keberhasilan atlet sejatinya ditentukan dua faktor. Yakni teknis dan non teknis. Faktor teknis harus diasah dengan rajin berlatih, menjaga kebugaran tubuh, dan mengasah kemampuan. Sedangkan faktor non teknis seperti faktor psikologi, yakni kebahagiaan, ketenangan, dan dukungan keluarga.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul juga mengajak masyarakat mengajak keluarga, dan kawan-kawannya untuk menonton film ini. “Film ini merupakan salah satu tontonan yang inspiratif dan banyak pembelajaran untuk kita. Luangkanlah waktu menonton film ini,” kata dia.

Sementara itu, Lilies Handayani, mantan atlet panahan Indonesia yang menjadi inspirasi dalam film 3 Skrikandi ini menuturkan bahwa film ini menggambarkan tentang kekompakan, patriotisme dan cinta tanah air. “Ini film yang sangat layak untuk ditonton,” kata dia.

Sementara itu, acara nonton bareng kali ini juga dihadiri para pemeran film 3 Srikandi diantaranya Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari dan Mario Irwinsyah. Hadir pula Sutradara film ini yakni Iman Brotoseno dan Lilies Handayani, mantan atlet panahan yang diceritakan dalam film ini. Tampak antusiasme ratusan masyarakat Surabaya yang mengikuti acara nonton bareng ini hingga usai. (fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs