Senin, 29 April 2024

Kunjungan Keluarga Terpidana Mati Dihentikan Jelang Eksekusi

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan

Kunjungan keluarga terpidana mati ke ruang isolasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batu, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, dihentikan menjelang pelaksanaan atau eksekusi hukuman mati.

Dilansir dari Antara, pantauan di Dermaga Wijayapura, Cilacap, sejak Kamis (28/7/2016) pagi hingga siang hari tidak ada satu pun keluarga terpidana mati yang menyeberang ke Pulau Nusakambangan.

Meskipun begitu pada Kamis siang, dua perempuan berhijab yang mengaku sebagai keluarga terpidana mati Michael Titus Igweh tampak mendatangi tempat penyeberangan khusus Pulau Nusakambangan itu. Akan tetapi kedatangan mereka bukan untuk menyeberang ke Nusakambangan guna menemui Michael Titus, melainkan ingin bertemu wartawan.

“Kami ingin bertemu wartawan untuk menyampaikan keberatan atas rencana eksekusi hukuman mati terhadap Michael Titus,” kata Nila yang mengaku sebagai kakak ipar Michael Titus.

Namun saat memberi keterangan kepada wartawan, dua perempuan itu segera dibawa petugas keamanan menuju Pos Penjagaan Dermaga Wijayapura.

Tidak lama kemudian, mereka tampak keluar dari Pos Penjagaan Dermaga Wijayapura dan segera meninggalkan tempat itu.

Dalam kesempatan terpisah, Komisaris Polisi Bintoro Wasono Kepala Subbagian Humas Kepolisian Resor Cilacap Ajun mengatakan, kunjungan keluarga terpidana mati telah dihentikan.

“Hari ini tidak ada lagi kunjungan keluarga. Paling nantinya ada dua perwakilan keluarga yang diminta menyeberang ke Nusakambangan untuk menjemput jenazah terpidana mati pasca-eksekusi,” katanya.

Kendati demikian, dia mengaku belum mengetahui kapan eksekusi hukuman mati tersebut akan dilaksanakan. Eksekusi hukuman mati terhadap sejumlah terpidana kasus narkoba diduga akan dilaksanakan pada Jumat (29/7/2016) dini hari di Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Pulau Nusakambangan.

Dugaan tersebut muncul karena sebanyak 17 mobil ambulans yang diduga akan membawa peti jenazah, sebagian di antaranya sebagai cadangan, telah masuk ke Pulau Nusakambangan pada Kamis (28/7/2016) pagi.

Berdasarkan pelaksanaan beberapa eksekusi sebelumnya, mobil ambulans yang membawa peti jenazah masuk ke Pulau Nusakambangan beberapa jam sebelum eksekusi. (ant/tit/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs