Sabtu, 20 April 2024

Labuan Bajo Jadi Destinasi Terfavorit Dunia

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Salah satu pulau di Labuan Bajo. Foto : labuanbajo-flores.com

Labuan Bajo, Manggarai Barat, ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, mendapat penghargaan sebagai daerah tujuan wisata terfavorit internasional.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan poling destinasi favorit, dan kawasan wisata Labuan Bajo keluar sebagai terfavorit dan mendapat penghargaan dari Menteri Pariwisata,” kata Wely Rohimone Sekretaris Dinas Pariwisata NTT seperti dilansir Antara, Kamis (8/11/2016).

Dia menyampaikan hal itu melalui telepon genggam dari Jakarta. Wely berada di Jakarta untuk menerima penghargaan dari Menteri Pariwisata pada Rabu (7/12/2016) malam.

Rohimone menjelaskan, Labuan Bajo mendapat penghargaan itu setelah melalui seleksi yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dengan melihat semua rekaman-rekaman pariwisata seluruh dunia dan juga pariwisata domestik.

Labuan Bajo akhir-akhir memang mendapat banyak kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional.

Dia mengatakan, ada indikator pendukung sehingga Labuan Bajo menjadi destinasi wisata terfavorit, setelah survei oleh CNN yang menyatakan labuan Bajo merupakan tempat snorkeling terbaik ke-2 dunia setelah Raja Ampat.

“Selain itu Labuan Bajo juga memiliki banyak destinasi wisata seperti Pantai Pede yang indah, Batu Cermin, banyak pulau kecil, dan memiliki ikon utama yakni Komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo, dan ada gua ular. Yang selalu menjadi destinasi wisata bagi wisatawan di daerah itu,” katanya.

Menurut dia, keramah-tamahan masyarakat di Labuan Bajo juga menjadi faktor penentu dalam mendapatkan penghargaan itu.

Selain sejumlah lokasi wisata tersebut, Labuan Bajo juga memiliki Danau Sanonggoang.yang merupakan wisata alam yang indah yang selama ini belum mendapat perhatian publik.

Dia mengatakan, Pemerintahan NTT terus berupaya memperindah sejumlah lokasi wisata di Labuan Bajo dan daerah lainnya di provinsi berbasis kepulauan, untuk menarik wisatawan ke daerah itu. (ant/tit/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs