Kamis, 2 Mei 2024

Libur Imlek 2567 Penumpang KA Meningkat 20 Persen

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penumpang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Jumlah penumpang Kereta Api dipastikan mengalami peningkatan pada libur tahun baru Imlek 2567 mendatang. Diprediksi peningkatannya hingga 20 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Jika pada hari-hari biasa penumpang moda transportasi kereta api dikisaran 30.000 orang per hari, maka saat libur tahun baru Imlek 2567 akan meningkat menjadi sekitar 37.000 orang hingga 38.000 orang per hari.

Suprapto Manajer Humas PT Kereta Api Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menegaskan bahwa pada hari libur Imlek 2567 jika ditambah dengan libur pada hari Sabtu dan Minggu jelas akan mengalami peningkatan.

“Peningkatannya lebih dari 15 persen. Prediksi kami sekitar 20 persen dibandingkan dengan hari-hari biasa. Libur Imlek yang jatuh pada hari Senin itu, sebelumnya juga ada libur Sabtu dan Minggu kan, pasti ada peningkatan jumlah penumpang,” kata Suprapto.

Selain karena hari libur, diperkirakan Suprapto peningkatan jumlah penumpang kereta api disebabkan diberikannya tarif promo bertepatan dengan perayaan Imlek.

Paket promo Gong Xi Fat Chai 2016 yang mulai digelar pada 8 Februari hingga 29 Februari 2016 sudah dipilih masyarakat yang akan melakukan perjalanan keluar kota dalam rangka liburan maupun perayaan Imlek.

Tarif promo dengan diskon sampai dengan 20 persen di bawah tarif batas bawah tersebut berlaku untuk KA komersial, di kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi jarak menengah dan jarak jauh.

“Masyarakat sudah mulai mendatangi stasiun-stasiun kereta api untuk menanyakan promo diskon 20 persen tersebut. Tentunya ini juga akan berpengaruh pada jumlah ketersediaan seat (tempat duduk) pada masing-masing perjalanan kereta api,” kata Suprapto.

Sementara itu, terkait dengan jumlah penumpang pada beberapa kereta api yang sudah mulai terisi penuh diantaranya adalah untuk jenis Kereta Api (KA) jarak sedang dan KA jarak jauh baik eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

“Dengan tujuan Surabaya-Semarang-Jakarta, KA relasi Surabaya-Yogyakarta-Bandung dan KA relasi Surabaya-Banyuwangi. Kereta kereta tersebut, berdasarkan catatan kami mulai 5 Februari hingga 8 Februari 2016 rata-rata sudah terisi 90 persen” kata Suprapto pada suarasurabaya.net, Kamis (4/2/2016).(tok/dop)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs