Sabtu, 20 April 2024

Libur Natal, Polri Atur Lalu Lintas dan Waspadai Ancaman Bom

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. Persiapan pengamanan yang dilakukan oleh Polri. Foto : Dok. Faiz suarasurabaya.net

Menjelang libur Natal dan tahun baru, Polri telah bersiap-siap menerjunkan anggotanya di sepanjang rute perjalanan yang sering dilewati masyarakat.

Komisaris Besar Polisi Benyamin Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri mengatakan, dalam membantu arus lalu lintas saat libur Natal dan tahun baru, Polri akan membuat pos-pos dalam mengawasi arus pergerakan masyarakat.

Selain itu, kata dia, Polri juga akan mengamankan tempat rekreasi dan waspada terhadap kriminalitas maupun ancaman bom.

Untuk memulai pengamanan arus pergerakan masyarakat pada saat libur Natal dan tahun baru, menurut Benyamin, Polri akan melakukan gelar pasukan pada 23 Desember 2016.

“Kemudian penggelaran personel dan pos-pos untuk arus pergerakan masyarakat yang liburan atau pada saat ke tempat-tempat rekreasi juga sudah kita siapkan dengan tetap waspada terhadap situasi ancaman bom atau kriminalitas lainnya,” ujar Benyamin.

Dalam membantu kelancaran arus lalu lintas, kata dia, akan ditempatkan kendaraan-kendaraan dari kepolisian di ruas-ruas jalan tol. Kemudian untuk tiap-tiap Polda juga akan ditempatkan perwira-perwira Polri sebagai pengendali lapangan.

“Kemudian menempatkan kendaraan-kendaraan pada ruas-ruas tol untuk antisipasi kemacetan, kemudian kita seperti waktu-waktu sebelumnya antar Polda menempatkan perwira-perwira sebagai pengendali di lapangan,” ujar dia.

Jadi, menurut Benyamin, bukan hanya dari Polda saja yang diterjunkan, tetapi semua personil-personil dari Mabes Polri juga diturunkan membantu (back up) di wilayah.

Benyamin menjelaskan, lokasi rawan macet adalah tol di Jakarta dan keluar Jakarta. Jadi seperti tahun lalu yaitu dari Simpang Tomang sampai dengan Cikarang Utama terjadi kemacetan luar biasa karena memang liburnya panjang atau 5 hari. Sekarang liburnya 4 hari. Untuk itu, Benyamin berharap, arus lalu lintas tidak terlalu macet seperti tahun lalu.

“Skenario kami, jika terjadi kemacetan di jalan tol cikampek, kendaraan di tol dalam kota akan dialihkan ke jalan arteri. Kemudian gate-gate masuk yang di dalam kota semua akan kami tutup, dan semua akan dialihkan semua ke arteri,” kata dia.(faz/tit/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs