Jumat, 3 Mei 2024

Lomba Robot Mekatronika Gantikan Ploncoan di STTS

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Mahasiswa baru program studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS), mulai memasuki babak baru sebagai mahasiswa, dan Selasa (23/8/2016) mereka diajak membuat robot sederhana menggantikan aktivitas-aktivitas mengarah perploncoan.

Kegiatan membuat robot sederhana berbahan kayu, styrofoam, bambu, triplek dengan mesin penggerak mekatronika sederhana bertenaga batere ini diharapkan membangkitkan kreativitas mahasiswa baru untuk lebih semangat belajar.

“Memasuki dunia baru sebagai mahasiswa, kami ingin mengajak para mahasiswa baru untuk berani berkreasi dengan menuangkan ide-ide segar melalui pembuatan robot mekatronika ini,” terang Byan Rega Zuhdi ketua pelaksana kegiatan.

Mekatronika dijelaskan Byan merupakan ilmu pengetahuan teknologi yang memadukan antara ilmu mekanika, elektronika, serta informatika. “Sekarang ini mekatronika terus berkembang,” kata Byan pada suarasurabaya.net.

Seluruh mahasiswa baru program studi Teknik Industri yang berjumlah sekitar 30 orang diwajibkan untuk membuat robot mekatronika ini kemudian karya-karya itu akan dilombakan. Beberapa kriteria penilaian dalam lomba kali ini diantaranya unik, rancangan, kompleksitas mekanisme dan kecepatan gerak.

Namun demikian ditegaskan Byan bahwa lomba robot mekatronika ini bukanlah tujuan utama dari seluruh rangkaian kegiatan.

“Justru kami berharap kegiatan membuat dan lomba robot ini menjadi ice breaking bagi segenap mahasiswa baru agar lebih fress memasuki awal perkuliahan,” pungkas Byan.(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs