Sabtu, 4 Mei 2024

May Day 2016, Serikat Buruh Berniat Bentuk Partai Politik

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Buruh FSPMI Jatim saat menuju Jl. Indrapura. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Agus Supriyanto Deklarator Rumah Rakyat Indonesia Jatim mengatakan, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang menaungi 30 serikat pekerja termsuk Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) akan bermetamorfosa menjadi Partai.

Kata Agus, Rumah Rakyat Indonesia (RRI) yang dideklarasikan serentak di 28 Provinsi di Indonesia hari ini merupakan Ormas embrio yang akan menjadi Partai Politik.

“Rumah rakyat Indonesia sudah dideklarasikan di 28 provinsi di Indonesia hari ini. Banyak hal yang diusung untuk mencapai Partai Politik nantinya,” kata Agus kepada suarasurabaya.net, Minggu (1/5/2016).

Meski beberapa kali serikat buruh yang berubah jadi partai di Indonesia ini selalu gagal, tapi Agus optimis RRI akan lebih solid ke depan.

“Kami masih yakin, meski beberapa kali Partai Politik yang dibangun buruh pernah gagal. Asalkan dibangun dari bawah, kami yakin ini akan berhasil. Dana dibiayai oleh buruh sendiri,” katanya.

Agus mengklaim, ormas RRI ini tidak akan menimbulkan perpecahan perjuangan buruh di Indonesia atau khususnya di Jatim. Sebab, perjuangan menuju Partai Politik adalah perjuangan sesungguhnya yang selama ini disusun buruh.

“Ini sudah melalui proses panjang. Dari kesadaran tuntutan upah, kami geser sedikit menuju kesadaran politik, bahwa kebijakan upah ini ada pada penguasa. Maka, Politik Praktis adalah perjuangan kaum buruh merebutnya,” katanya.

Agus memastikan, jika para pengurus Partai nantinya adalah orang-orang yang sudah tidak aktif di serikat buruh.

“Yang memimpin nanti orang-orang yang sudah keluar dari serikat buruh. Serikat Buruh hanya sebagai fungsi kontrol dari Partai itu tadi,” katanya.

RRI ini kata Agus, akan berkantor di sekitar daerah Juanda Sidoarjo. Kantor itu akan dibeli dari iuran buruh yang sepakat membuat partai.(bid/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs