Minggu, 28 April 2024

Mobil Diduga Milik Anggota Gafatar Dibakar

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Satu unit mobil Avanza yang diduga milik seorang anggota Gafatar dibakar di halaman Kantor Bupati Mempawah, Kalimantan Barat, Senin (18/1/2016) malam tadi.

Mobil ini diduga milik mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang tengah bernegosiasi dengan pemerintah daerah setempat seiring ultimatum warga yang menolak mereka tinggal di wilayah itu.

Ria Norsan Bupati Mempawah meminta massa untuk membubarkan diri.

“Sesuai kesepakatan kami memberikan waktu hingga hari ini, Selasa, hingga selesai shalat Zuhur, karena sejumlah perwakilan eks Gafatar tersebut meminta waktu untuk mendiskusikan tuntutan massa dengan kelompok dan keluarga mereka,” ujar Ria Norasan di Mempawah seperti dilansir Antara.

Massa enggan membubarkan diri dan masih berteriak menyuarakan tuntutan agar eks Gafatar segera meninggalkan Mempawah.

Sebelumnya, ratusan warga sejak Senin (18/1/2016) sore mendatangi Kantor Bupati Mempawah menuntut para eks Gafatar tidak lagi menetap di Mempawah.

Massa terus berkumpul dan jumlahnya semakin banyak, di halaman Kantor Bupati Mempawah. Mereka menolak kehadiran kelompok yang kini aktif di bidang pertanian itu.

Buntut kekesalan massa yang menunggu lama itu berlanjut dengan merusak kaca mobil dan satu unit mobil yang dirusak massa itu diduga merupakan kendaraan yang digunakan enam orang eks Gafatar yang menjadi perwakilan mengikuti rapat negosiasi di aula Kantor Bupati Mempawah.

Brigjen (Pol) Arief Sulistyanto Kapolda Kalbar menyatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan instansi terkait dan pemerintah kabupaten/kota di Kalbar dalam penanganan kelompok Gafatar untuk mencegah konflik.

“Bagaimanapun juga mereka merupakan warga negara Indonesia yang harus mendapatkan perlindungan,” kata Arief. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs