Jumat, 3 Mei 2024

Nyaru Sebagai Petugas PDAM, Slamet Gasak Uang di Rumah Warga

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Arham Djaelani (39) tersangka pencuri yang mengaku sebagai petugas PDAM, Rabu (2/11/2016). Foto : Bruriy suarasurabaya.net

Polsek Tambaksari baru saja menangkap pelaku yang menyaru atau mengaku sebagai petugas PDAM Kota Surabaya.

Arham Djaelani (39) asal Makasar yang tinggal di Jalan Dupak Surabaya ditangkap lantaran melakukan aksi pencurian bersama AM, AR, IY, ML dan BT (masuk daftar pencarian orang (DPO), red).

AKP David Triyo Prasojo Kapolsek Tambaksari mengatakan, modus yang dilakukan saat menyaru sebagai petugas PDAM Kota Surabaya gadungan dengan mendatangi tiap rumah yang sudah menjadi sasarannya.

“Tersangka ini berpura-pura sebagai petugas PDAM Kota Surabaya, mengaku untuk melakukan pengecekan meteran air,” kata AKP David Triyo Prasojo, Rabu (2/11/2016).

Saat mengaku sebagai petugas meteran air inilah, tersangka Arham Djaelani yang berperan sebagai petugas PDAM melakukan pengecekan di dalam rumah.

Sedangkan, untuk tersangka yang menjadi DPO sebagain berperan mengawasi di luar rumah. Ada juga yang berpura-pura mengecek meteran untuk mengalihkan perhatian dengan mengajak ngobrol Anton warga Tambaksari yang menjadi korban terakhir.

“Mengetahui korban ini sudah lengah, tersangka langsung mencuri beberapa barang dan uang senilai Rp2 juta di rumah korban (Anton, red),” ujar David.

Untuk penyelidikan dan penyidikan, polisi menjerat tersangka Arham Djaelani dengan pasal 363 KUH Pidana dengan ancaman lima tahun penjara. (bry/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs