Rabu, 22 Mei 2024

PTN Jatim dan Australia Barat Sepakati Empat Hal Kerja Sama

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pertemuan sembilan PTN Jawa Timur dengan enam perguruan tinggi Australia Barat, di Kantor Manajemen Universitas Airlangga Surabaya, Selasa (3/5/2016). Foto: Humas Unair

Sembilan perguruan tinggi negeri (PTN) Jawa Timur melakukan pertemuan dengan enam perguruan tinggi Australia Barat, di Kantor Manajemen Universitas Airlangga Surabaya, Selasa (3/5/2016).

Pejabat dari sembilan PTN yang hadir antara lain dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel, Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Jember (Unej) dan Universitas Brawijaya Malang.

Sedangkan pejabat dari enam perguruan tinggi di Australia Barat yang hadir antara lain berasal dari Universitas Curtin, Universitas Murdoch, Universitas Edith Cowan, Universitas Notre Dame dan Universitas Australia Barat.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Peter Collier MLC Menteri Pendidikan Australia Barat.

Pertemuan tersebut membahas peningkatan kerjasama akademik dan juga potensi kerjasama dalam pendidikan dan penelitian antara perguruan tinggi di Australia Barat dengan PTN di Jatim. Dalam pertemuan ini telah dibahas empat bidang yang akan dikolaborasikan perguruan tinggi di Jatim dengan Australia Barat.

Pertama, riset dan publikasi jurnal internasional. Kedua, pengembangan sumber daya manusia. Ketiga, pertukaran mahasiswa. Keempat, pengembangan program pendidikan berupa gelar ganda dan gelar bersama.

Prof. Dr. Mohammad Nasih, S.E., M.T., Ak, Rektor Unair mengatakan, saat ini Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menarget beberapa perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Unair, untuk menembus peringkat 500 besar kampus top dunia.

Sementara, Margaretha Rehulina Pelaksana tugas Ketua International Office and Partnership (IOP) mengatakan, dari pertemuan kerjasama ini mungkin terbentuk kelompok kerja untuk nilai tambah bersama., terutama di bidang riset kolaborasi dan student mobility.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
28o
Kurs